5 Destinasi Wisata Akhir Pekan di Jakarta

5 Destinasi Wisata Akhir Pekan di Jakarta

Kamis, 4 Oktober 2018 - Wisata

Sebagai Kota Metropolitan Jakarta juga banyak menawarkan berbagai macam wisata, mulai dari wisata edukatif, hiburan maupun wisata alam.

Berikut adalah beberapa jenis tempat wisata di Jakarta yang bisa anda gunakan untuk mengisi liburan akhir pekan bersama keluaraga:

1. Pulau Tidung

Habiskan libur akhir pekan Anda dengan berwisata ke Pulau Tidung yang terletak dikawasan Kepulauan Seribu Jakarta. Pulau Tidung menawarkan keindahan alam yang eksotik dengan jembatan cinta sebagai pelengkapnya. Selain berburu foto cantik, di Pulau Tidung Anda juga dapat merasakan pengalaman bermain wahana air seperti banana boat, snorkeling, menyelam dan aktifitas menantang lainnya. Selain itu, di Pulau ini Anda juga akan ditantang untuk merasakan sensani meloncat dari atas jembatan cinta yang memilki tinggi hampir 6 meter. Hayo, berani coba?

2. Museum wayang

Museum wayang terletak di kawasan Kota Tua dan berdekatan dengan Museum Fatahillah. Dinamakan museum wayang karena di dalam museum ini banyak menyimpan berbagai jenis wayang dari seluruh Indonesia seperti contohnya wayang kulit, wayang boneka dan wayang golek. Selain melihat wayang dari seluruh Indonesia, pengunjungpun dapat melihat koleksi wayang dari luar Indonesia seperti China, India, Vietnam, Kamboja, Malaysia dan Thailand.

Museum ini memiliki bangunan khas kebudayaan Eropa namun memilki kesan sederhana dibandingkan dengan bangunan pada Museum fatahillah. Selain dapat belajar tentang kesenian wayang, pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan teater mengenai proses pembuatan wayang dan belajar tentang tata cara pembuatan wayang.

3. Waterboom

Waterboom merupakan wahana bermain terlengkap di seluruh kawasan Jakarta yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk. Waterbom Pantai Indah Kapuk ini dilengkapi dengan berbagai macam wahana air dan kolam renang untuk segala usia. Twister, the hairpin dan speedslide adalah beberapa wahana unggulan yang ada di waterboom Pantai Indah Kapuk. Selain itu terdapat juga wahana aquatube yang merupakan wahana seluncuran raksasa sepenjang 118 km dan wahana yang dikhususkan untuk anak-anak yaitu wahana ember curah, kolam renang dangka dan kolam arus yang memilki arus yang tidak terlalu besar.  

Terdapat pula fasiliatas penunjang seperti toilet, ruang ganti, ruang penitipan barang, mushola , kantin dan tempat beristirahat yang nyaman. Waterboom ini buka setiap hari pada jam 06:00 hingga jam 18:00 dan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil priabadi ataupun bus trans Jakarta.  

4. Alive Museum

Berlokasi di taman Impian Jaya Ancol Alive Museum adalah sebuah museum visual yang berasal dari Korea. Museum visual ini menghadirkan patung lilin dari para tokoh terkenal dunia mulai dari penyanyi barat, penyanyi pop asal Korea hingga bintang mega Hollywood.

Tidak hanya diisi dengan berbagai patung lilin dari para bintang mega saja, museum ini juga dihiasi dengan koleksi visual super kreatif dan gambar-gambar 3D yang unik dan lengkap. Alive Museum dibuka sejak pukul 10;00 hingga pukul 21:00 dan beroperasi pada hari Senin hingga hari Minggu.

5. Klenteng Jin De Yuan

Klenteng Jin De Yuan merupakan klenteng tertua yang ada di Indonesia yang dibangun pada tahun 1650. Klenteng ini memilki bangunan sedikit rumit dengan aksen warna merah yang mendominasi. Klenteng ini juga menjadi bagian peninggalan kebudayaan masyarakat Tionghoa tempo dulu. Meskipun masih digunakan untuk beribadah etnis Tionghoa namun klenteng yang terletak di kawasan Pecinan ini juga dibuka untuk masyarakat umum.

Tidak ada pungutan khusus yang dibebankan untuk masyarakat umum yang ingin masuk ke dalam klenteng. Pihak klenteng hanya meminta dana sukarela sebagai tanda hormat dan toleransi. Pengunjung juga boleh mengambil foto disetiap bagian klenteng dengan catatan tetap bisa menjaga ketertiban dan kenyamanan umat yang sedang beribadah. Bersua foto di Klenteng Jin De Yuan dapat dijadikan referensi untuk mengisi liburan akhir pekan Anda , selain murah meriah Anda pun dapat mengetahui sejarah serta peradaban etnis Tionghoa yang berada di Indonesia.