Apa Peran Permainan Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak?

Kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari anak-anak adalah bermain, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Ketahuilah bahwa bermain adalah sebuah aktivitas yang dapat memberikan banyak hal positif pada si kecil.

Selain membuat anak senang, bermain pun dapat membantu dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Apa Peran Permainan Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Pilihkan anak-anak permainan yang sesuai dengan tahapan usianya, agar permainan yang dimainkan olehnya pun memberikan dampak yang positif terhadap tumbuh kembangnya. Mainan sendiri kategorinya ada banyak dengan fungsi yang juga berbeda-beda di dalam mendukung tumbuh kembang anak.

Mulai dari permainan yang membantu perkembangan fisik dan otot contohnya mainan lempar bola atau sepak bola, bersepeda, menyusun balok. Kemudian untuk perkembangan sensorik, permainan seperti permainan air, aat musik, play dough, dan lain-lain.

Lalu juga ada kategori permainan untuk perkembangan kecerdasan otak, seperti puzzle, lego, menggambar maupun mewarnai.

Nah, bagi anda yang mungkin bertanya-tanya apa peran permainan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, berikut ini beberapa diantaranya :

  • 1. Melatih anak untuk mengembangkan kepercayaan diri.

Perlu sedini mungkin untuk melatih kepercayaan diri anak. Permainan bisa menjadi salah satu medianya. Ketika si kecil berhasil menyelesaikan sebuah permainan yang memiliki visi agar terselesaikan, contohnya saja puzzle, si kecil pasti akan senang dan bangga.

Keberhasilannya tersebut akan mengembangkan perasaan hebat di dalam diri anak. Untuk ibu, jangan sungkan untuk memberikan reward pada si kecil saat ia mencapai misi sebuah permainan seperti puzzle. Rewardnya bisa berupa pujian yang membangkitkan kepercayaan diri anak.

  • 2. Sebagai media untuk anak mempelajari banyak hal.

Ini adalah peran permainan yang selanjutnya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Contohnya saja, adalah pengetahuan tentang bola yang bisa memantul. Dari permainan lempar bola, si kecil akan tahu bahwa bola yang dijatuhkannya ke lantai akan dapat memantul kembali.

Sehingga permainan bisa menjadi ajang untuk si kecil mengembangkan kemampuannya tentang banyak hal di lingkungannya.

  • 3. Mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak.

Banyak permainan yang bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas anak dan membuat anak untuk berimajinasi. Contohnya saja mewarnai, atau menyusun lego.

Hal ini berkaitan dengan perkembangan fungsi kecerdasan otak anak.

  • 4. Mengembangkan fungsi otot, koordinasi dan juga keseimbangan anak.

Pertumbuhan dan perkembangan anak rasanya tidak jauh-jauh juga dari koordinasi antara otak, mata dan tangan, kemudian tak jauh juga dari fungsi otot sampai dengan keseimbangan juga.

Banyak permainan yang memicu otot anak berkembang dengan semakin kuat, maupun melatih keseimbangan dan koordoinasi antara mata, otak dan tangan.

Sehingga hal-hal penting tersebut bisa distimulasi dengan memberikan si kecil permainan yang dapat melatihnya dalam ketiga hal tersebut. Pastinya juga dengan menyesuaikan pada tahapan usia anak.

Untuk menemukan berbagai informasi penting dalam hal tumbuh kembang anak, Wyeth Parenting Club bisa jadi jawabannya.

Anda bahkan juga berkesempatan untuk konsultasi dengan ahlinya lewat Wyeth Parenting Club. Dengan informasi yang lebih kompleks, pastinya ibu pun bisa mendukung tumbuh kembang si kecil dengan optimal juga.