Cara Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh

Cara Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh

Senin, 5 Maret 2018 - Kesehatan

Sistem pencernaan yang baik bisa membuat tubuh lebih baik pula. Karena akan membuat kesehatan tubuh akan lebih terjaga dan tubuh bisa menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi dengan baik, sehingga nutrisi akan terpenuhi. Tetapi terkadang kita mengalami masalah pencernaan, yang membuat perut tidak terasa nyaman.

Cara melancarkan sistem pencernaan

1. Banyak makan serat

Serat adalah hal yang wajib kita penuhi setiap harinya. Mengkonsumsi sekitar 25 gram serat per hari membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Sehingga kita terhindar dari masalah divertikulosis, sembelit, hemoroid (wasir), dan sindrom iritasi usus. Anda bisa mendapat banyak serat dari sayuran, kacang-kacangan, buah, dan biji-bijian.

2. Minum banyak air

Sudah bukan rahasia lagi kalau meminum banyak air akan membantu sistem pencernaan di dalam tubuh. Air di dalam sistem pencernaan membantu memecah lemak dan serat larut air. Air juga penting untuk membantu peredaran darah.

3. Konsumsi biji selasih

Salah satu manfaat biji selasih untuk tubuh yaitu bisa melancarkan sistem pencernaan. Dengan harga yang terjangkau dan rasa yang enak, tentunya hal ini sangat direkomendasikan.

4. Makan secara perlahan

Bagi anda yang suka memakan makanan dengan cepat, sebaiknya dikurangi. Karena makan dengan perlahan bisa memberikan sedikit waktu untuk tubuh untuk mencerna dengan baik. Alhasil nutrisi dari makanan yang dimakan dapat diserap oleh tubuh.

5. Hindari tidur setelah makan

Tubuh bisa mencerna makanan dengan baik dalam posisi tegak. Tidur setelah makan ketika tubuh mencerna makanan bisa menimbulkan masalah di dalam pencernaan. Setidaknya tunggu 2-3 jam sebelum tidur setelah makan.

6. Aktif bergerak

Olahraga dan kegiatan lain yang membuat tubuh aktif bergerak membantu kerja sistem pencernaan. Orang yang aktif bergerak cenderung memiliki sistem pencernaan yang lebih baik.

Tetapi jangan lakukan olahraga setelah anda makan. Karena akan menimbulkan masalah pencernaan. Seperti banyak orang bilang “tunggu makanan turun dulu”

7. Hindari stres

Stres bisa mempengaruhi sistem pencernaan anda. Karena itulah sebaiknya jauhi stres. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan serta jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja melampaui batas.