Cara Melihat Suhu Laptop

Cara Melihat Suhu Laptop

Rabu, 29 Agustus 2018 - Teknologi

Banyak alasan yang menyebabkan laptop tiba-tiba berderak atau mengeluarkan alasan. Selain hardware yang mengalami permasalahan, ternyata alasan yang cukup sering terjadi adalah suhu laptop tidak dapat terkendali.

Gambar Temperatur Laptop

Gambar Temperatur Laptop

Khususnya bagi Anda yang suka bekerja keras dengan menggunakan laptop, maka sangat penting sekali mengetahui cara melihat suhu laptop agar terhindar dari kerusakan yang berbahaya. Akibat dari panasnya suhu di dalam laptop terkadang tidak akan Anda inginkan, karena hal paling parah tentu saja sistem di dalam laptop Anda otomatis akan terhenti.

Cara Melihat Suhu Laptop Dengan Pengecekan Melalui Software

Temperatur atau suhu laptop memang terkadang tidak dapat Anda tebak dengan cara manual seperti memegang, atau hanya merasakan suhu dari kipas anginnya saja.

Anda harus menggunakan bantuan dari aplikasi atau software yang dapat Anda download melalui situs internet. Banyak aplikasi yang dapat Anda unduh secara gratis seperti speccy, HW monitor, atau Speccy. Berikut ini adalah cara melihat suhu laptop yang dapat Anda lakukan untuk laptop Anda.

  • Install atau download aplikasi yang sudah Anda pilih pada laptop atau bahkan komputer Anda. Lakukan langkah yang ditunjukkan oleh website saat Anda mengunduh aplikasi tersebut.
  • Setelah selesai mengunggah, buka aplikasi tersebut dan tunggu beberapa saat. Aplikasi akan membaca data Anda dan secara langsung akan memberikan informasi terkait dengan suhu laptop yang Anda gunakan.
  • Anda harus melakukan klik pada icon proses atau kotak hijau yang ada di sebelah kanan. Anda dapat melihat informasi mendetail dan terdapat grafik suhu yang dapat And abaca dengan mudah. Apabila Anda mengakses tombol hijau, maka terdapat beberapa informasi yang ada di bawah ini:
  • Kondisi suhu akan memperlihatkan temperature CPU, Graphics, Motherboard komputer, dan tentunya sistem Hardisk.
  • Aplikasi atau software ini juga akan memberikan spesifikasi secara mendetail dari Hardware yang sedang dioperasikan.
  • Aplikasi juga akan memberikan informasi tentang batas suhu maksimal panas laptop saat digunakan.

Cara melihat suhu laptop di atas tentu saja sangat mudah karena Anda hanya perlu mengakses aplikasi tanpa harus membongkar hingga memasang alat tertentu.

Sebenarnya memang cukup sulit memastikan pembagian suhu dalam beberapa software yang sedang Anda gunakan, semisalnya saja berapa suhu laptop untuk permainan dan lain sebagainya. Namun yang pasti suhu dalam software penghitung suhu maksimal adalah 100%.

Selain Anda mengetahui cara melihat suhu laptop, Anda juga perlu tahu banyak informasi terkait teknologi yang akan memudahkan Anda dalam menjaga kestabilan laptop yang secara rutin Anda gunakan.

Anda dapat dengan mudah mengunjungi sipemalas.com yang merupakan website berisikan segala informasi lengkap tentang dunia teknologi. Banyak referensi yang akan sangat berguna untuk Anda dan tentunya laptop yang Anda gunakan.