Cara Membuat Selai Pepaya Ala Rumahan yang Ekonomis

Buah pepaya sudah menjadi buah yang sangat akrab di lidah orang Indonesia karena pertumbuhannya yang luas. Selain mudah didapatkan dan harganya murah, manfaat dari buah pepaya juga sangat beragam karena memang mengandung banyak vitamin mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin C, zat besi, fosfor dan masih banyak lagi. Selain itu, pepaya juga terkenal mampu mengatasi masalah pada pencernaan. Jika Anda bosan mengkonsumsi pepaya secara langsung, maka Anda bisa mencoba cara membuat selai pepaya yang akan memberikan sensasi menyantap yang berbeda.

 Cara Membuat Selai Pepaya Ala Rumahan yang Ekonomis

Memang saat ini sudah banyak yang jual selai buah mulai dari buah nanas, strawberry dan lainnya. Namun hingga saat ini masih sulit untuk menemukan selai pepaya di pasaran. Selai pepaya sendiri bukan hanya bisa dijadikan olesan roti tawar saja melainkan bisa juga dijadikan isian kue kering, penambah rasa pada es krim dan masih banyak lagi kreasi lainnya. Anda akan bisa mendapatkan kelezatan selai namun tetap mendapatkan manfaat buah pepaya secara maksimal.

 

Jika Anda penasaran, maka berikut ini cara membuat sendiri selai pepaya yang mudah:

 

Bahan-bahan:

 

  • Pepaya matang 1 buah dengan ukuran sedang.
  • Air dingin secukupnya.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera.
  • Air hangat secukupnya.
  • Garam secukupnya.

 

Cara membuat:

 

  1. Pertama siapkan buah pepaya dan belah menjadi dua. Keluarkan biji pepaya di dalamnya sampai bersih dan kupas kulitnya. Pastikan mencuci buah pepaya sampai bersih mengingat kerap ada getah di beberapa bagiannya. Setelah itu potong buah ke ukuran kecil.
  2. Siapkan wadah dan tambahkan air hangat dan garam secukupnya. Rendam dulu buah pepaya sekitar 5 menit di dalamnya.
  3. Jika sudah 5 menit, angkat buah pepaya lalu tiriskan hingga tidak ada air menetes. Selanjutnya blender, atau diparut juga bisa sampai lembut.
  4. Lanjutkan dengan memasak buah pepaya tersebut dengan menuangkan di panci lalu tambahkan gula secukupnya sesuai dengan selera. Nyalakan api kecil dan aduk sampai seluruhnya tercampur dan mengental. Tanda kematangan sendiri warna dari selai akan berubah agak kecoklatan.
  5. Jika sudah dirasa pas untuk rasa dan tingkat kekentalannya, angkat dan ada baiknya untuk didinginkan terlebih dulu lalu baru masukkan pada toples kaca. Jika ingin disajikan, lebih lezat ketika selai sudah dingin juga.

 

Itulah cara membuat selai pepaya sendiri di rumah yang mudah dan pastinya ekonomis. Bahan mudah ditemukan dengan proses yang amat simpel bukan? Membuat sendiri selai menjadi langkah tepat menghindarkan keluarga dari pengawet dan pemanis buatan. Namun jika Anda terlalu sibuk, maka bisa juga memesan selai buah di Lemonilo yang jual selai dengan berbagai varian rasa. Segera pesan saat ini juga agar selai lezat alami bisa segera disantap.