Cara Menanam Melon

Cara Menanam Melon

Senin, 25 Juni 2018 - Tanaman

Buah segar dan manis ini ternyata tidak hanya tumbuh pada hamparan tanah saja, namun bisa juga kita manfaatkan polybag sebagai lahan tanam yang sangat minimal sekali , hal ini tentu tidak mengurangi hasil buah yang baik saat memanen melon tersebut , cara untuk menanam melom dalam dalam polybag ini juga bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk bisnis. Berikut adalah cara budidaya melon dalam polybag yang kami kutip dari website nuansa.web.id, website yang membahas tentang berbagai cara menanam tanaman.

Siapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk cara menanam buah melon dalam polybag adalah mempersiapkan bahan dan perlengkapan atau alat yang akan digunakan. Ukuran polybag yang digunakan sebaiknya adalah yang berukuran 40 x 50 cm atau 37 x 40 cm. Jangan lupa juga untuk menyiapkan lanjaran atau ajir yang nanti akan digunakan sebagai media tanaman melon untuk merambat. Biasanya ajir ditancapkan di media tanam dan ukuran panjangnya sekitar 1,5 hingga 2 meter.

Selanjutnya, siapkan paku berukuran 2 inch, pisau, gunting, dan tali rafia. Persiapan yang terakhir adalah membersihkan pekarangan atau lahan yang akan digunakan sebagai tempat untuk menanam melon. Bersihkan lahan tersebut dari gulma atau tanaman liar yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman melon Anda.

Menyiapkan Bibit Melon

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan pada cara menanam melon di dalam polybag adalah menyiapkan bibit buah melon yang akan ditanam. Mendapatkan bibit melon untuk ditanam adalah hal yang mudah. Anda dapat memperoleh bibit dari biji tanaman melon yang sudah matang atau tua. Cara lainnya untuk mendapatkan bibit tersebut adalah membelinya dari toko pertanian. Setelah mendapatkan benih, rendam benih tersebut ke dalam air yang telah dicampur dengan fungisida. Perendaman dapat dilakukan selama satu malam atau 12 jam. Kemudian tiriskan benih dan simpan di tempat gelap sekitar 1 – 2 hari.

Memindahkan Bibit Melon ke Media Semai

Jika bibit sudah mulai berkecambah, Anda dapat memindahkan bibit tersebut ke media semai. Media semai tersebut dapat dibuat dengan cara mencampurkan pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 2:1. Aduk kedua media tanam tersebut jadi satu sampai rata dan masukkan ke dalam polybag. Caranya, arahkan bagian runcing dari benih menghadap ke bawah. Siram benih tersebut 2 hari sekali untuk menjaga agar tanah tetap lembab. Sebaiknya benih tersebut tidak terkena sinar matahari langsung.

Penanaman Tanaman Melon

Tahap selanjutnya dalam cara menanam melon dalam polybag adalah proses penanaman. Proses tersebut dapat dilakukan jika bibit melon sudah disemai sekitar 3 minggu. Sebelum dipindahkan, siram lebih dulu media tanam. Kemudian pindahkan bibit melon secara hati-hati ke dalam polybag. Lakukan proses ini saat pagi atau sore hari.

Memasang Ajir dan Pemupukan

Pasang rambatan saat bibit melon mulai menjalar. Hal ini biasanya sudah terjadi saat tanaman berumur 5-8 hari setelah ditanam, Atur arah rambatan tanam saat memasang ajir. Untuk pemupukan, gunakan jenis pupuk dasar mutiara sebanyak 15 gram. Berikan pupuk tersebut saat mengisi media tanam ke dalam polybag. Untuk pemupukan selanjutnya, gunakan NPK perbandingan 16:16:16 dan KNO3.

Cara pemupukan susulan ini dilakukan dengan mencampur pupuk dengan air dan disiram ke sekeliling tanaman. Jangan sampai pupuk tersebut mengenai tanaman melon. Pemupukan dengan NPK dapat dilakukan di hari ke-14, ke-24, ke-34, dan ke-44 dengan dosis 10 gram untuk tiap polybag. Untuk pupuk KNO3 dapat diberikan di hari ke 54 dengan takaran 1 gram/liter.

Demikian cara menanam melon dalam polybag. Pengendalian hama atau penyakit dapat dilakukan dengan pestisida dan insektisida atau dengan membuang hama pada tanaman yang terinfeksi. Gunakan fungsida sistemik untuk mencegah penyakit. Melon sudah dapat dipanen ketika kulit buahnya sudah berwarna putih kekuningan dan tangkai buahnya ada lingkaran yang retak.