Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Kamis, 28 September 2017 - Kesehatan

Selain menimbulkan rasa gatal, gigitan nyamuk juga bisa meninggalkan bekas yang bisa merusak keindahan kulit. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa manfaatkan kulit kentang, cuka apel hingga minyak bulus.

Nyamuk merupakan salah satu serangga yang sangat dibenci oleh manusia karena gigitan dari hewan ini bisa menimbulkan rasa gatal, iritasi kulit hingga penyakit serius seperti demam berdarah. Biasanya gigitan nyamuk akan meninggalkan bekas seperti benjolan berukuran kecil hingga besar. Namun lebih parahnya untuk beberapa jenis kulit bekas gigitan nyamuk ini bisa meninggalkan warna cokelat kehitaman.

Mungkin tidak bermasalah jika jumlahnya hanya satu atau dua titik, namun jika bekas gigitan ini jumlahnya cukup bayak maka bisa menurunkan rasa percaya diri Anda bukan? Jika Anda sedang mengalami krisis percaya diri akibat bekas gigitan nyamuk, maka simak terus artikel di bawah ini yang akan membahas bagaimana menghilangkan bekas gigitan nyamuk hanya dengan beberapa langkah saja.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Kulit Kentang

cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk bayi

Selain bisa diolah menjadi beragam kudapan lezat, kentang juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan hingga kesehatan dan termasuk untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk yang menjengkelkan.

  1. Pertama-tama ambil satu buah kentang dan cuci hingga bersih
  2. Kupas kentang dan ambil bagian kulitnya. Kulit kentang ini sangat cocok untuk bekas gigitan nyamuk berupa bentol-bentol merah pada kulit karena mengandung potasium dan juga vitamin.
  3. Gosokkan kulit kentang tadi ke bagian kulit yang terkena gigitan nyamuk. Kandungan vitamin C yang tinggi pada kulit kentang sangat ampuh menghilangkan bekas luka.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga termasuk salah satu bahan dapur yang ampuh untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Bekas gigitan nyamuk di area yang mudah dijangkau tentu akan sangat mudah diobati seperti bagian muka, tangan ataupun kaki. Anda hanya perlu mengoleskan cuka sari apel ke bagian kulit yang terkena bekas gigitan nyamuk. Namun jumlah bekas gigitan nyamuk ini banyak dan di bagian yang sulit dijangkau maka gunakan saja cuka sari apel untuk mandi. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan bak mandi dan isi dengan air bersih, jauh lebih baik jika menggunakan air hangat
  2. Ambil 2 hingga 3 cangkir cuka sari apel dan masukkan ke dalam bak mandi
  3. Berendamlah selama kurang lebih 15-20 menit dalam bak mandi. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi bengkak kemerahan akibat gigitan nyamuk.

Minyak Bulus

Jika Anda ingin mendapatkan beberapa manfaat sekaligus, pilih minyak bulus untuk mengobati bekas gigitan nyamuk. Mungkin Anda pernah mendengar manfaat minyak bulus sebagai obat kuat ataupun pembesar payudara yang alami. Untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk, lakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Beli minyak bulus di distributor resminya agar terhindar dari barang palsu.
  2. Untuk mengurangi bau anyir, jemur minyak bulus di bawah terik matahari.
  3. Lakukan tes kulit dengan mengoleskan sedikit minyak bulus ke tangan dan diamkan beberapa saat.
  4. Jika kulit Anda tidak sensitif terhadap minyak bulus maka pengobatan bisa dilanjutkan.
  5. Bersihkan luka bekas gigitan menggunakan air atau antiseptik
  6. Keringkan menggunakan handuk bersih.
  7. Ambil kapas dan celup ke dalam minyak bulus lalu oles ke bagian kulit yang terkena gigitan nyamuk.
  8. Diamkan hingga kurang lebih 15 menit agar minyak meresap.
  9. Setelah 15 menit bilas menggunakan air bersih
  10. Agar hasil lebih maksimal maka lakukan perawatan ini rutin setiap harinya.

Manfaat Minyak Bulus

Selain bekas gigitan nyamuk, minyak bulus bisa Anda manfaatkan untuk :

  1. menghilangkan bekas jerawat
  2. mengencangkan kulit
  3. menghilangkan bekas jerawat di punggung
  4. mencerahkan kulit wajah
  5. mengatasi masalah kulit wajah yang kering dan kusam,
  6. mempercepat pengeringan luka
  7. menguatkan alat vital pria dan lain-lain

Kandungan Minyak Bulus

Segudang khasiat dari minyak bulus ini tak lepas dari kandungan minyak bulus  yang tinggi akan vitamin E. Tentu sudah bukan rahasia lagi bahwa vitamin E sangatlah baik untuk kesehatan kulit. Hal inilah yang membuat minyak bulus bisa mengatasi hampir semua masalah kulit. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa minyak bulus ini hanya digunakan untuk pengobatan luar saja dan tidak untuk dikonsumsi.