cara menghilangkan racun dalam tubuh

cara menghilangkan racun dalam tubuh

Minggu, 11 Maret 2018 - Kesehatan

Hampir setiap hari kita terpapar racun. Baik dari dalam dan luar tubuh. Sumber makanan juga dapat menjadi sumber rancun bagi tubuh. Sisa metabolisme yang tidak terbuang secara baik dapat pula menjadi racun yang berbahaya. Agar tidak semakin banyak terakumulasi di tubuh maka perlu cara untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Hal ini biasa disebut detoksifikasi.

Sebenarnya tubuh manusia sudah memiliki kemampuan untuk membuang racun. Keringat, Buang air besar dan kencing merupakan contohnya. Akan lebih baik jika tubuh didukung dalam membersihkan racun. Jika racun dalam tubuh semakin sedikit maka tubuh menjadi lebih segar, lebih bugar dan lebih sehat.

Cara menghilangkan racun dalam tubuh

1. Melakukan Puasa
Dengan menjalankan puasa disadari sebenarnya tubuh sedang membersihan racun dari dalam tubuh. Saat berpuasa, pasokan makanan dan minuman dihentikan selama beberapa jam. Umumnya kurang lebih sekitar 12 jam. Waktu tenggang istirahat tersebut digunakan oleh tubuh untuk melakukan pembersihan diri dan sejenak beristirahat. Kesempatan ini menjadikan tubuh dapat mengatur ulang fungsinya, sebagai proses penyegaran dan pemulihan.

2. Berolahraga hingga berkeringat
Tubuh memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun bersam akeringat. Sebuah penelitian menunjukan hasil bahwa kandungan timbal, arsenik, merkuri dan kadmium terkandung pada keringat yang keluar. Berolahraga disamping mengeluarkan keringat juga dapat menjaga tubuh tetap bugar bersamaan dengan mengeluarkan racun dalam tubuh saat berkeringat. Bagi yang belum terbiasa berolahraga, ada baiknya mulai sekarang untuk memulai berolahraga sebagai kebiasaan. Minimal 30 menit setiap harinya.

3. Mengkonsumsi selada air
Selain air kelapa muda, sebenarnya ada herbal lain yang dapat mengeluarkan racun dari tubuh yaitu selada air. Selada air dipercaya memiliki manfaat untuk pengeluaran racun dalam tubuh. Organ usus besar dapat dibersihkan dibersihkan melalui racun yang didorong keluar dari dalam tubuh.

4. Perbanyak minum air
Tubuh manusia memiliki komposisi air sebanyak 80%, kondisi ini menunjukkan betapa pentingnya air untuk membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan normal. Saat minum, tubuh tidak sekedar memuaskan dahaga namun sekaligus juga membantu mengeluarkan racun. Minumlah air lebih banyak dari jumlah yang biasa diminum saat mengalami keracunan.