Cara Mengurangi Debu Dalam Ruangan Dengan Tanaman

Cara Mengurangi Debu Dalam Ruangan Dengan Tanaman

Kamis, 7 Juni 2018 - Tanaman

Debu merupakan kotoran yang tertiup angin berupa butir-butir pasir, serpihan bulu hewan, serta serpihan kain yang berasal dari jok sofa, gorden, dan karpet. Kotoran-kotoran ini tertiup angin sehingga bisa masuk kedalam rumah dan menyebabkan ruangan menjadi kotor. Tahukah Anda bahwa tanaman hias bisa mengurangi debu?

Partikel debu yang berterbangan akan terhirup oleh semua orang dan akan disaring oleh bulu-bulu hidung kita. Namun, partikel yang paling kecil bisa saja berkelana kedalam sistem pernafasan kita. Bila debu ini berisi bakteri maka ini akan membahayakan kesehatan kita. Kita bisa terserang berbagai penyakit pernafasan seperti asma, bronchitis, dan penyakit lain yang berhubungan dengan pernafasan.

Biasanya memang debu bisa dibersihkan dengan disapu atau dipel tetapi kalau setiap hari harus membersihkannya, itu sangat melelahkan. Lalu, cara apakah yang sering Anda lakukan? Sebenarnya ada beberapa cara mengurangi debu dalam ruangan dengan tanaman hias supaya ruangan kerja lebih nyaman. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya.

3 Kiat Menghilangkan Debu dengan Tanaman Hias

  1. Menanam tanaman rambat di depan rumah

Perlu diketahui bahwa debu bisa ditangkap atau disaring oleh tanaman supaya tidak beterbangan terlalu jauh. Maka dari itu menanam tanaman juga banyak manfaatnya. Sudahkah Anda menanam tanaman? Menanam tanaman merupakan hal yang sangat menyenangkan karena selain memberikan keindahan untuk dipandang tetapi juga bisa juga digunakan sebagai penangkar debu.

Tanaman bisa ditanam dimanapun disekeliling rumah Anda, salah satunya ditanam di depan rumah. tanaman yang ditanam didepan rumah akan berfungsi sebagai penangkap debu. Kenapa demikian? Dengan menanam tanaman rambat sebagai pergola maka polutan yang terkandung didalamnya debu akan terkurangi. Hal ini dapat memblokir masuknya debu ke dalam ruangan sehingga udara yang masuk menjadi lebih bersih.

  1. Meletakan bunga peace Lily di dalam rumah

Bunga peach Lily adalah bunga yang memiliki daun panjang dan berwarna gelap. Bunga yang satu ini memiliki warna merah dan putih sehingga sangat cantik jika disimpan dalam rumah. Tahukah Anda bahwa bunga ini tidak banyak membutuhkan sinar matahari sehingga bunga ini cocok untuk diletakan di dalam ruangan. Bunga ini merupakan bunga yang sangat indah untuk dipandang.

Selain indah dipandang, bunga peace Lily juga berguna untuk menyerap polusi yang ada di dalam rumah. Bunga ini sangat doyan menyerap air sehingga jika memiliki bunga ini harus sering disiram. Alangkah lebih baiknya jika bunga ini diletakan agak jauh dari area yang bisa terkena sinar matahari sehingga usianya dapat bertahan lebih lama.

  1. Cara Mengurangi Debu Dalam Ruangan Dengan Tanaman

Tanaman Sanseviera sering disebut juga dengan tanaman lidah mertua. Tanaman ini cocok untuk ditanam di luar ruangan. Ciri khas tanaman ini adalah memiliki daun yang keras, tegak, dan ujungnya beruncing. Kegunaan tanaman ini adalah dapat digunakan untuk menyuburkan rambut serta mengobati diabetess.

Perlu diketahui juga bahwa terdapat hal unik pada tanaman ini. Sanseviera ternyata sangat ampuh untuk menyerap polusi dan racun sehingga cocok untuk di tanam di dalam pot. Tanaman ini dapat mengurangi debu dan polusi karena tanaman ini mempunyai kemampuan untuk mengubah zat karbondioksida menjadi oksigen pada malam hari.

Itulah beberapa cara mengurangi debu dalam ruangan dengan menggunakan variasi tanaman hias. Selain mengurangi debu, tanaman juga bisa menyegarkan ruangan sehingga hidup lebih sehat lagi. Selamat mencoba!