Cara meningkatkan fungsi pencernaan

Cara meningkatkan fungsi pencernaan

Selasa, 6 Maret 2018 - Kesehatan

Salah satu hal yang penting saat menurunkan berat badan adalah dengan meningkatkan metabolisme atau pencernaan. Setiap tubuh manusia berbeda-beda, lalu seberapa cepat tubuh membakar kalori? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi.

Sebagian orang metabolismenya cepat. Khusus untuk laki-laki pada umumnya membakar lebih banyak kalori daripada perempuan. Termasuk saat beristirahat. Untuk manusia pada umumnya, akan mengalami perlambatan metabolisme setelah usia 40 tahun.

Usia, jenis kelamin, dan faktor keturunan tidak bisa diubah. Lalu bagaimana cara meningkatkan metabolisme? Ada 3 cara mudah yang bisa diterapkan demi memperoleh kinerja metabolisme tubuh secara alami.

Cara meningkatkan fungsi pencernaan

1. Meningkatkan asupan protein

Tubuh manusia membakar lebih banyak kalori saat mencerna protein daripada karbohidrat atau lemak. Pada pola makan seimbang, karbohidrat yang diganti dengan makanan kaya protein tanpa lemak dapat membuat performa metabolisme saat makan meningkat. Salah satu sumber protein yang baik adalah daging tanpa lemak. Selain itu kalkun, ikan, kacang-kacangan, telur, daging ayam, tahu, dan produk dari susu tanpa lemak. Semut jepang juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein yang baik bagi tubuh.

2. Melakukan Aerobik

Aerobik memang tak membentuk otot yang besar, namun dapat mempercepat metabolisme setelah beberapa jam latihan. Kuncinya pada keterpacuan diri untuk berolahraga, mendorong diri untuk memiliki semangat lebih saat melakukannya. Intensitas tinggi saat berolahraga akan menghasilkan tingkat metabolisme yang lebih tinggi dan lebih lama dari olahraga berintensitas biasa. Agar manfaatnya lebih maksimal, ikutlah kelas yang lebih intens di gym. Bisa juga dengan jogging singkat secara rutin.

3. Diet dengan waktu yang masuk akal

Diet cepat atau Crash diet cukup digemari kalangan muda yang ingin menurunkan berat badan secara instan.Pembatasan asupan 1.800 kalori bagi pria dan 1.200 kalori per hari bagi wanita, kurang baik untuk yang ingin mempercepat laju metabolisme tubuhnya.

Diet memang dapat membantu menurunkan berat badan. Meskipun metode ini dapat mengurangi nutrisi yang baik untuk tubuh. Otot yang hilang juga melambatkan metabolisme. Pada akhirnya, tubuh membakar kalori yang lebih sedikit. Efeknya berat badan akan lebih cepat dari sebelum menjalankan diet cepat.