Cara meningkatkan sistem imunitas

Cara meningkatkan sistem imunitas

Minggu, 11 Maret 2018 - Kesehatan

Cuaca yang berubah-ubah dan kondisi badan yang ikut berubah umum terjadi saat pergantian musim. Batuk dan pilek menjadi hal yang umum di kantor ataupun dirumah.

Sebenarnya, gangguan sistem imunitas dapat dihindari jika tubuh dalam kondisi fit dan prima. Lalu untuk mempertahankan keadaan tubuh tetap prima, berikut tips sederhana yang bisa dilakukan.

Tips meningkatkan sistem imunitas

1. Stop minum kopi
Memang hal ini bersebrangan dengan anggapan bahwa teori kopi sebagai sumber antioksidan. Kopi dapat mengganggu sistem kesehatan dan kekebalan tubuh. Mineral dan vitamin dirampas oleh kafein di dalam tubuh Anda. Hal ini akan menyebabkan dehidrasi. Saat meminum kopi, tambahkan dua gelas air putih tambahan untuk setiap cangkir kopi.

2. Tidur malam yang cukup
Kebutuhan tidur setiap orang memang tidak sama. Pada umumnya tubuh manusia memerlukan durasi tdur selama kurang lebih 8 jam tidur setiap harinya. Tidur dianggap mempengaruhi kadar hormon agar tetap seimbang. Termasuk hormon stres dan hormon pertumbuhan manusia. Dengan tidur yang cukup di malam hari pemikiran menjadi jernih, mood menjadi lebih membaik, bersemangat dan penalaran terjaga konsentrasinya. Kulit yang sehat juga dikaitkan dengan porsi tidur yang cukup.

3. Mengkonsumsi sayuran mentah dan buah-buahan
Selain mengandung serat, mineral, vitamin, dan enzim, buah dan sayur segar juga merupakan sumber antioksidan alami. Gizi yang terkandung dari sayuran mentah dan buah-buahan sudah dikenal luas. Dari sekian banyak vitamin yang terkandung, vitamin C merupakan antioksidan alami. Mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Memanfaatkan daun saga
Daun saga diyakini memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat daun saga dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga mampu untuk bertahan dari berbagai serangan penyakit. Bahkan untuk penyakit yang mudah menular sekalipun.

5. Hadapi suhu dingin
Cobalah untuk mandi di cuaca yang dingin. Sebelum subuh biasa dilakukan oleh umat muslim yang rajin beribadah bersiap sholat malam dan subuh. Meski awalnya terasa dingin, jika sudah terbiasa maka akan menguatkan badan. Tidak mudah terserang penyakit terutama flu.