Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jumat, 2 Maret 2018 - Kesehatan

Jantung memiliki peranan vital bagi manusia. Memompa darah dan mengalirkan nutrisi keseluruh organ tubuh, sebelum akhirnya kembali ke jantung dan mengulang prosesnya terus menerus.

Karena peranannya yang begitu penting, kita perlu kiat khusus untuk menjaga kesehatan jantung. Kesehatan jantung sangat erat kaitannya dengan pola hidup, berhenti merokok, rajin berolah raga, menjaga berat badan, dan menjaga asupan makanan mungkin terdengar biasa saja dan semua orang dapat melakukannya. Namun, hal tersebutlah yang menjaga kesehatan jantung.

Berikut ini beragam cara menjaga kesehatan jantung. Simak ulasannya berikut.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

1. Olahraga

Rutin berolahraga sangat baik dalam mengurangi risiko penyakit jantung, luangkan waktu 30 menit setiap hari untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, jogging dan berbagai aktivitas fisik lainnya.

2. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok merupakan penyebab penyakit jantung koroner. Berhenti merokok merupakan langkah terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghindarkan risiko penyakit jantung.

3. Konsumsi Ikan

Rutin mengonsumsi asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat mencegah penyakit jantung. Ikan salmon merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan omega-3, selain itu Anda juga dapat memilih sarden dan tuna. Konsumsi ikan dua kali dalam seminggu dapat mencukupi kebutuhan omega-3.

4. Menjaga Berat badan

Kelebihan berat badan akan memicu penyakit jantung. Sindrom metabolik atau kombinasi lemak di perut, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi merupakan kombinasi sempurna untuk munculnya penyakit jantung.

Mempertahankan berat badan ideal merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung

5. Mengurangi Konsumsi Lemak

Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyumbat pembuluh darah yang berujung pada penyakit jantung. batasi konsumsi lemak jenuh yang berasal dari daging merah, gorengan, dan produk susu yang tinggi lemak.

6. Konsumsi Serat

Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, setidaknya tubuh membutuhkan 30 gram serat dalam sehari.

7. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat merusak dinding arteri, jika hal ini terjadi maka darah dan oksigen akan sulit dialirkan. Hal ini berarti akan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan oksigen tubuh.

Mengelola stress, rajin berolahraga, hindari makanan cepat saji dan minuman bersoda adalah beberapa cara untuk menghindari tekanan darah tinggi.

Tentu tips diatas terlalu banyak untuk dilakukan dalam satu waktu, lakukan secara rutin pada dua hingga tiga tips diatas juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.