Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jumat, 2 Maret 2018 - Kesehatan

Jantung memiliki peranan vital bagi manusia. Memompa darah dan mengalirkan nutrisi keseluruh organ tubuh, sebelum akhirnya kembali ke jantung dan mengulang prosesnya terus menerus.

Karena peranannya yang begitu penting, kita perlu kiat khusus untuk menjaga kesehatan jantung. Kesehatan jantung sangat erat kaitannya dengan pola hidup, berhenti merokok, rajin berolah raga, menjaga berat badan, dan menjaga asupan makanan mungkin terdengar biasa saja dan semua orang dapat melakukannya. Namun, hal tersebutlah yang menjaga kesehatan jantung.

Berikut ini beragam cara menjaga kesehatan jantung. Simak ulasannya berikut.

Menjaga Kesehatan Jantung Secara Alami

1. Olahraga

Rutin berolahraga dapat menjaga fungsi jantung dan paru-paru, menurunkan kadar koleserol dan mengontrol tekanan darah, hingga menjaga berat badan Anda tetap ideal. Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, yoga atau bahkan latihan beladiri minimal 30 menit setiap hari.

Tidak ada batasan mengenai olahraga tertentu, segala aktifitas fisik dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Namun, bila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda.

2. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok merupakan penyebab penyakit jantung koroner. Terdapat lebih dari 4000 bahan kimia yang dapat mempengaruhi naiknya tekanan darah dan merusak pembuluh darah Anda. Oleh karenanya, berhenti merokok merupakan langkah terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghindarkan risiko penyakit jantung.

3. Konsumsi Ikan

Rutin mengonsumsi asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat mencegah penyakit jantung. Ikan salmon merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan omega-3, selain itu Anda juga dapat memilih sarden dan tuna. Konsumsi ikan dua kali dalam seminggu dapat mencukupi kebutuhan omega-3 dan menjaga kesehatan jantung Anda..

4. Menjaga Berat badan

Salah satu langkah untuk menjaga kesehatan jantung Anda adalah menghindari kelebihan berat badan atau obesitas. Obesitas dapat menyebabkan masalah sindrom metabolisme tubuh Anda dan dapat menyebabkan beragam komplikasi kesehatan seperti Diabetes, Tekanan Darah Tinggi, dan Kolesterol Tinggi.

Bila Anda kelebihan berat badan, jantung bekerja dua kali lebih keras untuk memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini diperparah bila Anda memiliki riwayat hipertensi dan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya jaga berat badan tetap ideal untuk kesehatan jantung Anda.

5. Batasi Asupan Makanan Berlemak

Salah satu cara ideal untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan membatasi asupan makanan berlemak. Kadar kolesterol dalam darah yang terlampau tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, kondisi ini dapat menyebabkan naiknya tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal, rutin lah berolahraga dan hindari makanan pantangan kolesterol seperti:

  • Daging Kalengan
  • Ikan Kalengan
  • Sosis
  • Daging Ham
  • Biskuit
  • Cake
  • Permen
  • Makanan Cepat Saji
  • Minuman Kemasan
  • Makanan Tinggi Gula
  • Makanan Bersantan

6. Konsumsi Buah dan Sayuran

Makanan berserat dapat melancarkan sistem pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah Anda. Selain itu, juga baik dalam menjaga berat badan Anda tetap ideal. Anda bisa mendapatkan asupan serat dengan mengonsumsi Buah dan Sayuran.

Buah yang tinggi serat seperti Alpukat, Apel, Pir, Mangga, Pepaya dan Pisang, sedangkan sayuran yang dapat Anda konsumsi adalah Brokoli, Wortel, Bayam dan Tomat. Selain itu, kacang merah, kacang kedelai, dan beras merah sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

7. Rutin Memeriksa Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung dan stroke, karena hipertensi dapat merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan terganggunya sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Tekanan darah dapat dikatakan normal bila berada diangka 120/90 mmHg, jika lebih tinggi diatas itu besar kemungkin Anda memiliki masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Rutin memeriksakan tekanan darah Anda dapat membantu Anda mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah hipertensi. Selain itu, memeriksakan tekanan darah tinggi Anda dapat mengetahui pantangan hipertensi apa saja yang harus dihindari.

Rutinlah berolahraga dan konsumsi makanan yang mengandung Potassium seperti pisang yang dapat menurunkan tekanan darah.

Tentu tips diatas terlalu banyak untuk dilakukan dalam satu waktu, lakukan secara rutin pada dua hingga tiga tips diatas juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.