cara menyehatkan metabolisme tubuh

cara menyehatkan metabolisme tubuh

Minggu, 11 Maret 2018 - Kesehatan

Para ahli kesehatan meyakini bahwa kesehatan pencernaan merupakan pangkal dari kesehatan tubuh. Pencernaan yang baik dapat memaksimalkan kekebalan tubuh. Secara bersamaan, sistem pencernaan berhubungan juga secara langsung dengan berat badan bahkan kesehatan otak.

Saat sistem pencernaan terganggu, beberapa kemungkinan gangguan kesehatan dapat terjadi. Gangguan kecemasan, kembung, alergi, mudah tersinggung, masalah kulit, diare, diabetes, dan konsentrasi lemah merupakan beberapa contoh kemungkinannya. Lalu bagaimana untuk menyehatkan metabolisme?

Cara mudah menyehatkan metabolisme tubuh

1. Hindari stres
Tekanan hidup dan pekerjaan yang mengandung stres dapat berpengaruh buruk pada kesehatan pencernaan. Pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk memperoleh kesehatan pencernaan yang baik harus mampu mengatur tingkat stres. Lakukan aktivitas yang mampu pelepas stres. Berwisata, berolahraga, melakukan hobi, berjalan kaki, dan cukup tidur merupakan beberapa pilihan yang dapat dilakukan.

2. Rutin berolahraga
Aktif bergerak setiap hari lah setiap hari untuk menjaga pencernaan tetap sehat. Organ Pencernaan terdiri dari otot-otot yang juga butuh olahraga untuk terjaga fungsinya tetap optimal.

Dapat dimulai dengan berolahraga ringan. Berjalan kaki, bersepeda, peregangan, atau lompat tali bisa menjadi pilihan bagus. Berolahragalah secara rutin minimal 30 hingga 45 menit per hari.

3. Minum Air Secara teratur
Jika kekurangan air, biasanya sistem pencernaan yang akan terdampak negatif salah satunya. Sistem pencernaan membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Air dapat memperlancar pergerakan di saluran gastrointestinal. Membawa racun untuk dikeluarkan dari tubuh dalam urin serta feses.

Air beserta cairan lain ikut membantu menghancurkan makanan. Dengan demikian tubuh dapat menyerap nutrisi makanan. Air juga membantu melembutkan tekstur tinja serta menjaga pH tubuh agar tetap seimbang.

4. Konsumsi daun afrika
Daun afrika bisa dimanfaatkan sebagai herbal untuk menyehatkan organ pencernaan seperti usus dan lambung. Untuk mengobati dan mencegah infeksi di lambung dan usus juga dapat menggunakan daun afrika. Caranya cukup seduh atau rebus daun afrika kering kemudian diminum.

5. Konsumsi Probiotik
Probiotik merupakan mikroorganisme atau mikroba hidup bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Probiotik membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di pencernaan. Selain itu juga dapat memperbaiki proses menyerap dan mencerna nutrisi makanan. Membantu pula pengurangan jumlah bakteri jahat dalam tubuh.