Cara Merawat Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan Cupang

Rabu, 14 November 2018 - Budidaya, Referensi

Ikan cupang sering juga disebut juga ikan petarung siam atau salah salah satu jenis ikan yang sangat popular karena keaktivannya. Selain itu, ikan cupang terkenal dengan karakteristiknya yang tidak interaktif dan cara merawat ikan cupang relatif murah. Ikan ini sangat disukai oleh anak- anak, bagi mereka cara merawatnya mungkin sulit berbeda dengan orang dewasa bahwa merawat ikan cupang sangat mudah.

Ikan cupang dapat ditaruh disemua jenis akuarium, mulai akuarium yang ukurannya besar sampai dengan ukuran tempat selai roti yang sangat keci, ikan tersebut apat bertahan hidup. Jenis ikan ini juga tidak memerlukan sirkulasi udara seperti jenis ikan lain. Nah, bagaimana cara merawat ikan cupang yang baik dan benar agar tidak mudah mati?

Cara Merawat Ikan Cupang di Rumah dengan Baik dan Benar

Meskipun hewan peliharaan ini tidak rewel, namun Anda tetap harus merawatnya dengan cara yang baik dan benar. Agar ikan tumbuh sehat, berkembang dengan baik dan tidak mudah terserang penyakit. Berikut ini beberapa tips untuk merawat ikan cupang.

1. Memilih Akuarium

Seperti  telah disinggung di atas, bahwa ikan cupang dapat hidup di dalam akuarium apa saja. Karena ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan soliter, maka sebaiknya pelihara ikan ini dengan menggunakan akarium dengan ukuran kecil saja, misalnya berdiameter 20 cmx 15 cm x 15 cm. Dengan harapan, jika menaruh ikan cupang dalam akuarium yang besar akan memakan tempat di rumah Anda.

Jenis ikan ini tidak dapat digabung dengan ikan cupang yang lainnya, jika Anda ingin memelihar ikan cupang lebih dari satu maka akuariumnya juga harus sejumlah ikan tersebut. Karena jika digabung, maka ikan ini akan beradu jotos dan dapat menyebabkan ikan mati.

Sebaiknya Akuarium biarkan polos dan cukup tambahkan kerikil berwarna dan tanaman hias saja. Selain itu, cara merawat ikan cupang juga harus pada suhu yang stabil.

2. Air Akuarium

Penggunaan air untuk akuarium, sebaiknya menggunakan air sumur. Karena air sumur memiliki karakteristis yang dengan air sawah yang merupakan habitat asli ikan cupang. Namun jika tidak ada air sumur, silahkan menggunakan air PDAM atau sumber air yang lainnya. Namun sebeblumnya harus mendiamkan air tersebut terlebih dahulu di ember sebelum Anda memasukkan air tersebuat ke dalam akuarium.

3. Memberi Makan Ikan

Banyak jenis makanan yang disukai oleh ikan cupang. Mulai dari jenis makanan alami atau makanan yang sudah di olah. Cara pemberian makan untuk ikan cupang sebaiknya sedikit demi sedikit tapi sering. Jangan langsung satu kali namun dalam jumlah banyak, hal itu akan membuat akuaraium cepat kotor.

4. Menjemur Ikan Cupang

Tips yang terakhir dalam memelihara ikan cupang yaitu dengan cara menjemurnya. Aktivitas ini memang harus sesekali Anda lakukan. Sehingga ikan cupang akan lebih fresh dan terhindar dri serangan jamur dan bakteri.

Tetapi, jika ikan yang Anda pelihara berwarna hitam, sebaiknya jangan dijemur karena warna hitam akan lebih peka menyerap sinar matahari, sehingga akan menyebabkan ikan merasa kaget atau panik.