Cara Sablon Kaos

Cara Sablon Kaos

Senin, 14 Mei 2018 - Fashion

Cara sablon kaos terdiri dari dua macam teknik, yaitu teknik manual dan teknik printing. Teknik manual dilakukan dengan menggunakan screen dan rakel, kelebihan dari teknik ini adalah hasilnya lebih bagus dan tahan lama. Teknik printing lebih mudah dilakukan, caranya hampir sama dengan mencetak file yang biasa anda lakukan. Bila anda biasanya mencetak file di kertas, maka yang ini diganti kaos.

Cara Sablon Kaos dengan Mudah untuk Pemula

Cara Sablon Kaos dengan Mudah untuk Pemula

Biasanya cara menyablon ini digunakan bagi pemula, desainnya pun bisa dibuat menggunakan aplikasi yang menurut anda paling mudah. Dengan menggunakan teknik printing, anda bisa membuat kaos costum untuk pribadi atau satuan. Kelebihan dari teknik ini adalah memudahkan anda untuk mencetak foto, terutama bagi anda yang ingin membuat kaos couple dengan pasangan.

Tahap-tahap menyablon kaos dengan cara manual

  1. Buat desain kaos

Pertama, siapkan desain yang ingin disablon atau anda bisa membuatnya dengan aplikasi photoshop atau coreldraw. Lalu, edit desain yang sudah dibuat menjadi film sablon atau klise film sablon. Setelah itu, proses warna desain melalui pecah atau separasi warna, bisa berupa sablon vektor atau sablon raster. Anda juga bisa menggunakan pisah warna CMYK dengan coreldraw atau photoshop.

  1. Pra-afdruk

Tahap pra-afdruk terdiri 2 hal, yaitu pembersihan dan persiapan screen. Pada tahap ini anda perlu mempersiapkan alat sablon yang dibutuhkan, yakni sabun colek, air, dan kain spons. Cuci screen sablon dengan air dan sabun colek yang sudah disiapkan. Lap screen dengan menggunakan kain spons, selanjutnya keringkan dengan menjemurnya di sinar matahari agar benar-benar kering.

  1. Afdruk ke kaos

Tahap afdruk adalah tahap memindahkan desain pada film/klise film ke kain/screen. Bahan dan alat yang dipersiapkan yaitu obat afdruk, hairdryer, screen, dan air. Pertama, campurkan obat afdruk merah dan putih, lalu masukkan secara perlahan pada screen secara merata. Hindarilah sinar matahari saat proses ini, ganti proses pengeringan dengan menggunakan hairdryer.

  1. Pembakaran screen

Material yang dibutuhkan yaitu desain kaos, kaca, screen, busa, kain hitam dan papan. Gunakan papan sebagai alas, lalu letakkan busa dan kain hitam di atasnya. Screen diletakkan di atas kain hitam, setelah itu tempel desain kaos pada screen. Letakkan kaca di atas screen dan arahkan dengan sinar matahari selama 3-5 detik. Bersihkan bekas obat dengan mencucinya hingga bersih.

  1. Menyablon

Pada tahap ini yang dibutuhkan adalah screen, minyak cat, cat, meja kaca, pengunci screen, rakel (alat kesut), dan kain. Persiapkan screen yang telah diberi film dan pengunci screen di meja kaca. Buat cat untuk sablon dengan mencampurkan minyak cat dan cat. Letakkan kain yang akan disablon di meja kaca, lalu tuangkan cat dan kesut dengan rakel sehingga menghasilkan kain sablon.

  1. Menghapus film

Tahap terakhir cara sablon kaos yang perlu anda lakukan yaitu menghapus film dengan menggunakan obat pencuci film. Pertama, membasahi screen dengan air dan tuangkan obat pencuci film di atasnya. Gosok screen dengan perlahan menggunakan kain spon, lalu bilas dengan air hingga bersih. Terakhir, keringkan screen dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.