Gaya Kamar Tidur

Gaya Kamar Tidur

Selasa, 28 Agustus 2018 - Uncategorized

Sebagai area untuk beristirahat, gaya kamar tidur memang harus diperhatikan dengan saksama. Tentu ini bertujuan guna meningkatkan kualitas istirahat dan membangun suasana hati yang bagus.

Bagaimanakah gaya kamar tidur yang bisa dijadikan acuan?

Berikut ini penjabaran beragam gaya kamar tidur terkini.

Selain Minimalis, 5 Gaya Kamar Tidur Ini Juga Menarik Dicoba

1. Minimalis

Pastinya, desain kamar minimalis masih opsi paling atas mengingat pamornya yang belum terkalahkan.

Gaya minimalis cocok bagi Anda yang mempunyai pandangan “less is more”, suka yang sederhana, serta tidak mempunyai ketertarikan pada palet warna yang liar, pernak-pernik, atau pola besar.

Kamar tidur minimalis tidak harus berarti ruang yang memiliki aura suram dan tak bernyawa karena hanya hitam putih. Kesalahpahaman ini sering terjadi.

Minimalis berarti mendekorasi untuk fungsi dan membuang yang tidak dibutuhkan. Kamar tidur jenis ini dapat menjadi indah dan terlihat hidup jika diatur dengan benar.

Kamar tidur ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tempat tidur dengan bingkai platform yang sederhana dan berwarna gelap.
  2. Ruang terbuka seperti dinding yang tidak banyak ditempel foto atau hiasan.
  3. Palet warna yang sederhana.
  4. Keseimbangan antara perabotan dan ukuran ruangan.

2. Kamar Tidur Klasik

Gaya klasik merupakan gaya dekoratif yang ekspresif dan populer.

Gaya ini banyak digambarkan dengan “anggung” dan “bangsawan”. Gaya ini banyak digemari dari berbagai generasi dan tidak termakan waktu.

Perasaan kehangatan, kenyamanan, kedamaian, dan ketenangan dapat dibangkitkan melalui gaya dekorasi ini.

Ciri-ciri kamar tidur gaya klasik adalah sebagai berikut.

  1. Furnitur

Tempat tidur yang tinggi dan megah adalah komposisi paling dominan dalam gaya klasik. Biasanya tempat tidur terbuat dari besi tempa atau kayu yang mahal dan disertai ukiran yang rumit. Komponen penting lainnya adalah seprai dengan kain katun, sutra, atau satin dengan warna netral, disertai selimut tebal brokat atau beludru. Bantal juga disusun dengan mewah.

  1. Plafon

Bentuknya sangat selaras. Plafon ringan dengan plester emas atau putih. Biasanya juga dilengkapi dengan lukisan dekoratif bergaya klasik seperti bunga, pastoral, malaikat, dan lainnya.

  1. Lantai dan Dinding

Jenis lantai yang digunakan adalah lantai parket. Biasanya dipilih parket yang sangat dekoratif, terbuat dari kayu berharga, sering dibuat dari kayu maple ringan dan kayu ash.

Dinding dalam gaya klasik menggunakan walpaper, kain (satu warna atau ornamen bunga), kayu, plester, marmer, batu, atau keramik.

3. Kamar Tidur Mewah

Kamar tidur mewah didesain sesuai dengan preferensi masing-masing orang. Hal yang menyamakannya adalah furnitur yang mewah dan berkilauan, didesain dengan memperhatikan detail.

Kamar tidur mewah bisa menggunakan model kontemporer atau sesuai selera.

Banyak orang yang mempunyai uang berlimpah mendesain kamarnya dengan sempurna, menggunakan furnitur dan elemen lain seperti gorden, sofa, karpet, dan tempat tidur yang bermerk tanpa mempermasalahkan budget.

4. Kamar Tidur Modern

Ada banyak jenis konsep dan teknik dalam gaya modern yang digunakan oleh desainer, dekorator, dan arsitek.

Gaya modern merupakan fondasi yang diciptakan oleh para leluhur modernisme, seperti Frank Lloyd Wright, Walter Gropius, Ludwig Mies van der Rohe, dan Le Corbusier, yang menggunakan fungsi, garis dan bentuk yang bersih, serta elemen arsitektur dan alami untuk bagian yang hendak didekor.

Para modernis ini percaya bahwa sebuah rumah harus berfungsi dan segala sesuatu di dalam rumah harus memiliki tujuan, termasuk dekorasi.

Gaya modern banyak memadukan elemen arsitektural, menggunakan pencahayaan alami, dan banyak menggunakan dekorasi sederhana seperti buku dan vas.

Lantai menggunakan kayu sementara dinding dihiasi warna dengan lukisan dekorasi sederhana.

5. Kamar Anak yang Playfull

gaya kamar tidur anak playfull

Keamanan menjadi faktor utama yang harus ada di dalam kamar tidur anak. Setiap elemen dalam ruangan dipilih dan dipasang untuk meminimalkan risiko kecelakaan dan cedera.

Kebersihan sangat penting, maka penyimpanan yang cukup harus disediakan sehingga mainan, buku, dan pakaian dapat diatur dengan rapi agar lebih mudah dibersihkan setiap hari.

Kamar anak-anak bernuansa cerah dan ceria. Biasanya mempunyai zona bermain, meja belajar, atau area untuk bersantai.

Kamar anak banyak yang menggunakan tema tertentu, misalnya tema pahlawan super, princess, kartun anak-anak, sampai tema binatang.

Adalah umum untuk mendesain kamar anak-anak sesuai dengan tema, tetapi perlu diingat bahwa itu adalah sesuatu yang menarik minat mereka sehingga mereka senang menggunakannya selama beberapa tahun.

Bekerja dengan desainer interior profesional dapat membantu Anda menemukan solusi inovatif untuk mengelola ruang secara efisien.

5. Kamar Tidur untuk Bayi

Kamar tidur untuk bayi memang lebih tricky dibanding lainnya. Karena berbagai barang harus diperhatikan kegunaan dan peletakannya.

Dalam kamar tidur bayi harus disediakan tempat yang mudah dijangkau untuk menempatkan popok, tisu, keranjang pakaian, dot, dan peralatan lainnya.

Kamar bayi didesain dengan bersih dan mempunyai tempat penyimpanan yang banyak untuk menaruh mainan dan peralatan bayi.

Jika menggunakan wallpaper, biasanya akan dipilih wallpaper yang mudah dicuci. Ruangan dapat didesain dengan warna yang beragam atau warna yang soft dan dilengkapi boneka serta pajangan di dinding.

Sekian saja untuk saat ini pembahasan mengenai gaya kamar tidur yang bisa Anda coba. Selamat mencoba!