Kelebihan dan Kelemahan TV LED Buatan Samsung

Kelebihan dan Kelemahan TV LED Buatan Samsung

Rabu, 12 September 2018 - Teknologi

Saat ini berbagai brand elektronik terkenal dunia berlomba-lomba untuk bisa menyajikan fitur-fitur TV agar tidak sampai tertinggal oleh zaman. Setiap brand memiliki ciri khas khusus dan menawarkannya dengan harga yang beraneka ragam. Mulai dari harga yang sangat terjangkau untuk menyasar konsumen kalangan bawah. Hingga harga yang cukup menguras kantong yang ditujukan untuk kalangan masyarakat kelas menengah ke atas.

Salah satu brand terkenal dunia yang bergerak di bidang elektronik rumah tangga yaitu Samsung. Samasung sudah banyak mengeluarkan beberapa jenis TV, diantaranya yang saat ini sangat diminati oleh masyarakat yaitu TV LED. Harga TV Samsung masih bisa dijangkau untuk konsumen kelas mengenah yang mengingikan TV dengan fitur-fitur kekinian. Tentu saja setiap produk elektronik pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk Samsung. Informasi ini bisa menjadi refrensi bagi Anda yang sedang bingung memilih brand TV.

Kelebihan Samsung TV LED

  1. TV LED buatan Samsung merupakan salah satu jenis TV hemat listrik. Hal ini dikarenakan pencahayaan emitting diode bisa mengonsumsi daya listrik yang lebih rendah, hingga 50 persen dibandingkan TV tabung.
  2. Ramah lingkungan karena memiliki daya yang hemat sehingga tidak ada sampah yang tercemar melalui cairan dan udara.
  3. Multifungsi, tidak hanya untuk menonton acara TV saja. TV LED Samsung juga dapat digunakan untuk perselancar di dunia maya. Mendengarkan music dan menonton film dari memori eksternal juga bisa.
  4. Kualitas gambar yang lebih jernih karena teknologi yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan yaitu dengan kualitas HD.
  5. Desain TV yang lebih tipis karena sudah menggunakan teknologi backlighting. Pada umumnya TV LED Samsung memiliki ketebalan 25 mm saja.
  6. TV LED buatan Samsung memiliki beberapa ukuran layar yang berbeda dan Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
  7. Harga TV Samsung tidak terlalu mahal untuk TV yang memiliki kualitas prima.

Kelemahan Samsung TV LED

  1. Biaya perawatan dan perbaikan cukup mahal. Biaya yang dikeluarkan bisa untuk membeli TV LED baru.
  2. Harga komponen yang mahal, misalnya harga panel TV bisa mencapai 80 persen dari harga TV Samasung. Tidak hanya panel, komponen lainnya seperti main board dan modul power juga tidak kalah mahal.
  3. Harga komponen lainnya yang berada di belakang TV juga terbilang mahal, komponen yang memiliki harga yang cukup tinggi tersebut yaitu main bord dan modul power supply.

Dengan beragam kelemahan tersebut maka pengguna LED TV Samsung pasti akan kewalahan, misalnya saja harga LED TV Samsung tersebut sekitar 2,5 juta rupiah. Jika komponennya rusak, maka harganya bisa mencapai 2 juta rupiah. Hal ini tentu saja akan merugikan setiap penggunanya.

Anda bisa membandingkan kembali kelebihan dan kelemahan beberapa merk dan tipe TV LED, sebelum mulai membeli.