Ketahui 5 Manfaat Daun Sirsak Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Ketahui 5 Manfaat Daun Sirsak Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Kamis, 7 Desember 2017 - Kesehatan

Sirsak menjadi salah satu tanaman yang berasal dari daerah Amerika. Buah sirsak mengandung serat tinggi seperti fruktosa, karbohidrat, vitamin C, B1 dan B3. Tak hanya itu saja, bahkan daun satu ini mengandung senyawa yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Salah satu senyawa yang terdapat pada daun ini yaitu acetogenin yang merupakan kumpulan senyawa aktif. Senyawa tersebut nantinya mempunyai aktivitas sitoksik atau membunuh racun dalam tubuh dengan cara menghambat proses transport ATP (adenosine trisofat) sebagai energy yang dibutuhkan untuk perkembangan sel kanker.

Guna mengetahui beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang lain, simak ulasannya berikut ini.

  1. Mengobati kanker

Sudah terkenal sejak dulu bahwa manfaat daun sirsak bisa untuk mengobati kanker karena bisa menghambat pertumbuhan sel kanker lebih cepat dibadingkan dengan cara kemoterapi. Mengapa demikian? Acetogenin yang terdpat pada daun sirsak mampu berkekuatan 10.000 kali lebih kuat dari Adriamycin.

Untuk membuat ramuannya, Anda bisa membuat rebusan daun sirsak. Caranya membuatnya juga mudah. Rebus 10 lembar daun sirsak bersama 3 gelas air mineral sampai tersisa 1/3 bagian saja.

Jika sudah, minum rebusan air sirsak tersebut hangat-hangat. Agar hasil yang didapatkan bisa maksimal, minum rebusan tersebut pada pagi hari setiap harinya.

  1. Mengobati Asam Urat

Sama halnya dengan manfaat daun sirsak untuk mengobati sel kanker. Kandungan seperti acetogenin, annocatalin, annomuricin, caclourin dan asam gentisic juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam urat secara ampuh.

Cara membuatgnya pun sangat mudah. Rebus 10 lembar daun sirsak, sebaiknya pilihlah daun sirsak yang tua. Setelah itu rebus bersama 3 gelas air minum selama 20 menit sampai tersisa 1/3 bagian saja. Ada bisa meminumnya dalam keadaan dingin maupun hangat.

  1. Menobati kolesterol

Untuk Anda yang mempunyai riwayat kesehatan berkolestrol tinggi, Anda bisa mengatasi dengan memanfaatkan daun sirsak. Rebusan daun sirsak ini sangat membantu dalam meluruhkan kolesterol jahat.

Caranya, rebus kurang lebih 1 lembar daun sirsak bersama dengan 3 gelas air minum dan sisakan sampai dengan 1/3 bagian saja. Konsumsi secara ruttn air rebusan daun sirsak tersebut pada pagi hari untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Mengobati diabetes

Manfaat daun sirsak ternyata juga bisa membantu mengatasi diabetes karena kandungan pada diabetes dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah dalam tubuh manusia untuk menjadikannya normal.

Hal ini dikarenakan bahwa pada daun sirsak terdapat senyawa seperti saponin, polifenol, biaflavonoid serta antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang mengintai tubuh.

Cara membuatnya juga sama, rebus terlebih dahulu 10 lembar daun sirsak bersama 3 gelas air minum. Sisakan kurang lebih 1/3 bagian dan minum air rebusan tersebut secara rutin setiap pagi untuk memperoleh hasil yang maksimal.

  1. Mengobati kista Ovarium

Penyakit kista ovarum menjadi salah satu penyakit berbahaya yang paling ditakuti oleh semua wanita. Kista ovarium sering disebut dengan tumor jinak yang tumbuh pada ovarium. Apabila tidak segera diobati, maka kista tersebut dapat cepat berkembang sebagai kanker. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan daun sirsak untuk mengurangi resiko tersebut.

Caranya, rebus beberapa lembar daun sirsak dengan 3 gelas air minum. Rebus selama kurang lebih 20 menit dan sisakan hingga 1/3 bagian. Dengan Anda mengosumsi air rebusan daun sirsak secara rutin, maka kista dalam tubuh dapat hilang.

Dan beberapa manfaat daun sirsak tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan bukan? Untuk itu konsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.