Manfaat Buah Mangga

Manfaat Buah Mangga

Selasa, 6 November 2018 - Kesehatan

Mangga sering disebut sebagai Raja Buah selain buah Durian, buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia ini memiliki rasa manis dan lezat ini kaya akan kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Mangga sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk masalah pencernaan. Seperti buah Pepaya, kandungan enzim yang dimiliki buah mangga dapat melancarkan sistem pencernaan Anda. Buah mangga kaya akan serat, sehingga mengonsumsi mangga secara rutin dapat menghindarkan Anda dari masalah sembelit dan sindrom iritasi usus.

Kandungan Buah Mangga

Mengutip Badan Pangan Amerika Serikat, dalam satu buah mangga berukuran sedang terdapat kandungan kalori sebanyak 107 dan beragam nutrisi seperti:

  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Asam Folat
  • Asam Panthotenic
  • Kolin
  • Zat Besi
  • Potassium
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Sodium
  • Zinc
  • Copper
  • Selenium
  • Serat
  • Karbohidrat

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi diatas, sudah barang tentu mangga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Anda, berikut ini beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan beragam nutrisi dalam buah mangga dapat mengurangi lemak tubuh dan mengontrol kadar gula darah Anda. Senyawa Pectin dalam mangga merupakan serat mudah larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda.

Selain itu, kandungan vitamin A dalam buah mangga merupakan antioksidan alami yang dapat mencegah dampak negatif radikal bebas. Kesimpulannya, kandungan nutrisi dalam buah mangga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki berat badan dibawah ideal, konsumsi mangga merupakan salah satu cara untuk gemuk. Dalam 150 gram buah mangga terkandungan 86 kalori, yang dapat diserap tubuh dengan mudah dan kandungan zat tepung dalam buah ini dapat dikonversi menjadi gula yang dapat menaikkan berat badan Anda.

Konsumsi buah mangga dan milkshake untuk mempercepat naiknya berat badan Anda.

3. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Kandungan senyawa Pectin dalam buah mangga dapat melancarkan sistem pencernaan Anda.

Buah mangga berperan dalam mengatasi sembeli dan kelebihan asam dalam tubuh Anda. Enzim pencernaan dalam buah mangga dapat melancarkan sistem pencernaanm, selain itu kandungan bioaktif seperti Esters, Terpenes, Aldehydes berperan dalam meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

4. Meningkatkan Kesuburan Kandungan

Kandungan Vitamin C dalam buah mangga sangat baik untuk kesuburan wanita yang sedang program hamil, Vitamin C disebut juga Vitamin Penyubur Kandungan karena dapat memaksimalkan penyerapan zat besi dan membantu memproduksi hormon progesteron.

Mengutip Trimester123.com, vitamin C dalam buah mangga dapat mengatasi masalah kekurangan hormon progesteron dan meningkatkan kesuburan rahim bagi mereka yang sedang promil.

5. Mengatasi Anemia

Kandungan Zat Besi dalam buah mangga dapat membantu Anda mengatasi masalah Anemia atau kekurangan sel darah merah. Konsumsi mangga secara rutin dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh Anda.

Tonik buah mangga juga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengatasi masalah kesehatan seperti Anemia, Gusi Berdarah, Batuk, Sembelit, Demam, Mabuk Laut dan Masalah Pencernaan.

6. Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan Zat Besi buah mangga juga sangat baik untuk ibu hamil, selama kehamilan seorang ibu membutuhkan suplementasi zat besi untuk mengatasi masalah kehamilan yang sering menyebabkan Anemia.

Daripada mengonsumsi suplemen zat besi sintetis ada baiknya Anda mengonsumsi buah mangga untuk mengatasi Anemia selama kehamilan, konsumsi buah mangga bagi ibu hamil juga dapat meningkatkan nafsu makan yang umumnya sering hilang pada ibu hamil.

7. Baik untuk Kesehatan Otak

Buah Mangga kaya akan vitamin B6, yang sangat penting baik kesehatan dan fungsi otak Anda. Vitamin B6 membantu penggabungan Neurotransmitter utama yang dapat mempengaruhi suasana hati dan pola tidur Anda.

Konsumsi mangga secara rutin dapat menjaga kesehatan otak dan fungsi sistem saraf Anda. Selain itu, kandungan Asam Glutamine dalam buah ini dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat Anda.

8. Meningkatkan Sistem Imun

Buah Mangga kaya akan beta-karoten, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dalam memerangi infeksi bakteri ataupun racun. Kelebihan beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh Anda, vitamin A sendiri merupakan jenis antioksidan yang dapat memberikan perlindungan tubuh Anda dari radikal bebas yang dapat merusak organ internal Anda.

9. Mengontrol Kadar Gula Darah

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Oklahoma State University mengungkapkan bahwa konsumsi mangga secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah. Dalam penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kandungan bioaktif dan antioksidan dalam buah mangga bekerja dalam meningkatkan sensitifas tubuh terhadap insulin.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Antioksidan seperti Lutein dan Zeaxanthin dalam buah mangga sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Dua jenis bahan alami tersebut dapat melindungi retina dan lensa mata Anda, sehingga menjaga fungsi mata dan menghindarkan dari degenerasi makular.

Demikian pembahasan Mengenai Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.