Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis

Kamis, 4 Oktober 2018 - Kecantikan, Kesehatan

Jeruk nipis merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di iklim tropis. Si kecil yang terkenal dengan rasa masam ini ternyata memiliki beragam manfaat baik. Selain mudah ditemukan di beberapa tempat seperti pasar tradisional, supermarket hingga toko buah, harga yang ditawarkan juga relatif murah. Bukan hanya digunakan sebagai bumbu dapur, jeruk nipis juga memiliki manfaat mulai dari kesehatan, wajah hingga rambut.

Jeruk nipis memiliki berbagai macam kandungan seperti Asam sitrat, mineral, vitamin C, vitamin B1, sitral limonene, fellandren, geranil asetat, lalin asetat, lemon kamfer ,dan cadinen yang dinilai memiliki banyak manfaat baik. Karena itu, Anda tidak perlu bingung untuk menemukan bahan alami murah, mudah ditemukan, dan kaya akan manfaat. Berikut merupakan beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, untuk wajah, dan untuk rambut.

Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Imunitas

Merasa sistem imun kurang kuat seperti sering merasa lesu dan mudah terserang penyakit perlu mencoba jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung vitamin C dalam jumlah yang tidak sedikit. Vitamin C dinilai bisa mengatasi bakteri dan virus penyebab tubuh menjadi mudah sakit.

Kandungan antioksidan pada jeruk nipis juga dapat mengatasi zet atau racun berbahaya bagi tubuh. Jeruk nipis sebagai bahan alami kaya vitamin C cocok digunakan untuk meningkatkan sistem imun Anda. Cara menggunakannya cukup dengan memeras dua hingga tiga buah kemudian campurkan dengan air hangat. Minum secara perlahan dan rasakan kesegaran dan manfaatnya.

2. Menyeimbangkan PH

Jeruk nipis yang terasa asam mungkin menjadi pertanyaan bagaimana mungkin dapat menyeimbangkan PH. Jeruk nipis yang dicampurkan dengan air akan membantu memproduksi molekul dalam tubuhmu yang nantinya akan berfungsi sebagai penyeimbang kadar PH.

Agar hasil yang diperoleh maksimal, anda dapat meminum air perasan jeruk nipis di pagi hari sebelum Anda meminum apapun pagi itu.

3. Mencegah Kanker

Kanker menjadi salah satu jenis penyakit yang sulit untuk diatasi. Namun siapa sangka jeruk nipis dapat digunakan sebagai bahan alami pencegah penyakit kanker. Kandungan limonene yang cukup tinggi pada jeruk nipis dinilai dapat meminimalisir penyakit kanker. Terutama kanker payudara pada perempuan serta meminimalisir risiko kanker sel aquamosa.

Perawatan menggunakan jeruk nipis dilakukan secara rutin dalam tiga siklus. Setiap siklus memiliki waktu 10 hari. Istirahat dilakukan selama 1 minggu pada setiap siklus. Penyimpanan jeruk nipis sebaiknya dilakukan pada suhu minimal 7oC

4. Membantu Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Kandungan kaliam dan beberapa nutrisi dalam jeruk nipis dapat meminimalisir adanya penyakit tekanan darah tinggi

5. Membantu Mengobati Asam Urat

Asam urat merupakan suatu kondisi dimana kadar asam urat tinggi dalam tubuh. Jeruk nipis dinilai dapat menurunkan kadar asam urat pada persendian dan juga darah Anda. Kandungan vitamin C yang tinggi (sebagai vitamin larut air) dapat melarutkan cairan asam urat Anda dan dikeluarkan melalui urin.

Cara mengkonsumsi cukup muda yaitu dengan meminum air perasan jeruk nipis dengan rutin. Anda akan mengalami sering buang kecil. Namun, tidak usah khawatir karena racun dan asam urat akan ikut bersama urin.

6. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol berlebih dapat menyebabkan cikal bakal penyebab penyakit kardiovaskular sepeti jantung. Kandungan flavonoid yaitu hesperedin dalam jeruk nipis dinilai mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah juga menurunkan trigliserida.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk menurunkan kolesterol yaitu dengan membelah jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Lakukan pemerasan hingga didapat air jeruk nipis. Campurkan dengan 1 gelas air hangat. Aduk hingga merata. Minum di pagi hari setelah Anda baru bangun tidur sebelum Anda meminum apapun. Lakukan kegiatan ini secara rutin dan katakan selamat tinggal pada kolesterol jahat.

7. Menyehatkan Ginjal

Kandungan jeruk nipis berupa asam sitrat dinilai dapat menyehatkan ginjal dan mencegah formasi batu ginjal. Dengan demikian, ginjal Anda akan tetap sehat cukup menggunakan bahan alami, murah, dan mudah ditemukan seperti jeruk nipis.

8. Menurunkan Berat Badan

Penyakit obesitas atau berat badan berlebih menjadi momok menakutkan bagi kesehatan. Jeruk nipis dinilai dapat menurunkan berat badan karena kandungan vitamin C yang akan berperan dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Cara menggunakannya ialah dengan mencampurkan 200 ml air hangat dengan satu buah perasan jeruk nipis. Minum sebelum sarapan dan malam hari sebelum Anda tidur.

9. Menjaga Berat Badan Ideal

Selain menurunkan berat badan, jeruk nipis juga dinilai mampu menjaga berat badan agar tetap ideal. Konsumsi perasan jeruk nipis, jika terlalu asam Anda bisa menambahkan madu dan minum secara rutin. Maka berat badan akan tetap terjaga.

10. Mengobati Sakit Gigi dan Gusi Bengkak

Kandungan antibakteri pada jeruk nipis dinilai dapat mengobati sakit gigi dan gigi bengkak.

Cara menggunakannya yatu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat. Minum secara perlahan. Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal

11. Memutihkan Gigi

Kadar asam pada jeruk nipis dapat menjaga pH dalam mulut agar tetap seimbang. Selain itu, jeruk nipis memiliki antibakteri yang ampuh untuk memerangi bakteri penyebab gigi menguning.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dicampurkan dengan air hangat. Kemudian kumur 3 kali sehari menggunakan air perasan tadi. Anda juga dapat mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan garam kurang lebih setengah sendok teh. Campurkan hingga membentuk pasta dan merata. Kemudian oleskan pada gigi Anda. Diamkan beberapa saat dan kumur menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

12. Meredakan Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh bakteri maupun virus. Penyakit ini erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh. Bila sistem kekebalan tubuh kuat, maka penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Namun, adakalanya juga membutuhkan suatu obat untuk mengatasinya. Vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat mengatasi bermacam bakteri dan virus termasuk penyebab radang tenggorokan.

Cara menggunakannya dinilai cukup mudah yaitu dengan memeras 1 buah jeruk nipis. Kemudian campuran dengan 3 sendok makan madu. Aduk hingga merata. Kemudian, minum herbal ini dua kali sehari dengan takaran dua sendok makan. Maka radang tenggorokan Anda akan berkurang dan sembuh secara perlahan.

13. Menghilangkan Bau Badan atau Ketiak

Bau badan dan ketiak dapat disebabkan oleh  bakteri penyebab aroma tak sedap. Selain memakai bahan kimia yang akan memiliki efek samping bagi tubuh, jeruk napas dapat menjadi pertimbangan untuk menghilangkan bau badan dan ketiak. Jeruk napas dinilai mampu memerangi bakteri penyebab bau badan dan ketiak. Tentu saja Anda dapat menjalani hari dengan sempurna tanpa bau badan dan ketiak.

14. Menghilangkan Panu

Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur (candida albicans) yang tumbuh dan berkembang pada kulit. Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang mempunyai efek antifungi sehingga bisa mengatasi jamur pada kulit Anda. Cara ini cukup murah, terbilang ampuh, dan tanpa efek samping karena merupakan bahan alami.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan minyak kelapa atau dengan belerang. Aduk bahan hingga merata. Aplikasikan padakulit yang terkena panu. Diamkan beberapa saat. Bilas hingga bersih. Lakukan kegiatan ini secara rutin.

Untuk Wajah

1. Mencerahkan Wajah

Sudah tidak asing lagi jika vitamin C dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit Anda. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat membuat wajah Anda lebih cerah. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda

2. Mengencangkan Kulit

Jeruk nipis dinilai dapat mengangkat sel kulit mati Anda sehingga kulit Anda akan terasa lebih kencang. Cara menggunakannya yaitu dengan memeras satu buah jeruk nipis. Kemudian aplikasikan pada wajah Anda. Diamkan beberapa saat, akan terasa sedikit perih. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.

3. Menghilangkan dan Mengobati Jerawat

Salah Satu Manfaat Jeruk Nipis adalah dapat Menghilangkan Jerawat dan Mengobati Jerawat. Jerawat merupakan sebuah benjolan kecil mengganggu yang dapat disebabkan oleh bakteri. Kandungan antibakteri pada jeruk nipis dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat. Dengan demikian, wajah Anda akan terbebas dari jerawat.

4. Menyamarkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam di Wajah

Selain untuk mengatasi dan mengobati jerawat, siapa sangka jeruk nipis juga berkhasiat untuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah Anda. Caranya yaitu dengan mengoleskan air perasan jerukk nipis pada sebagian bekas jerawat dan flek hitam yang membandel.

5. Membersihkan Komedo dan Menghilangkan Komedo Hitam

Siap-siap katakan good bye pada komedo jika Anda menggunakan jeruk nipis untuk membersihkan komedo dan menghilangkan komedo hitam yang menempel pada wajah Anda.  Dengan harga yang murah, Anda sudah dapat menyelesaikan masalah wajah Anda bila Anda menggunakannya secara rutin.

Untuk Rambut

1. Menebalkan Rambut

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan beberapa nutrisi lain yang dapat menutrisi folikel rambut. Folikel rambut yang ternutrisi akan membuat rambut Anda sehat dan kuat serta tidak mudah rontok. Selain itu, jeruk nipis juga akan menutrisi pertumbuhan rambut Anda lebih cepat. Rambut Anda akan tebal secara alami dan natural.

2. Menghilangkan Ketombe

Ketombe kerap menjadikan penampilan Anda kurang menarik sehingga membuat Anda tidak percaya diri. Tapi tidak usah khawatir, jeruk nipis juga dinilai dapat menghilangkan ketombe.

3. Menebalkan Alis dan Bulu Mata

Tampil cantik dengan alis dan hulu mata yang tebal kerap menjadi keinginan manusia, khususnya para wanita. Tampil dengan alis dan bulu mata natural tanpa pensil alis dan penggunaan maskara dapat Anda lakukan dengan melakukan perawatan menggunakan bahan alami murah bernama jeruk nipis.

Jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang dapat menutrisi pertumbuhan alis dan buku mata Anda secara alami. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis pada alis Anda.

Siapa sangka si kecil jeruk nipis memiliki manfaat yang besar untuk kehidupan Anda. Yuk cintai tubuh Anda mulai dari merawat tubuh untuk tetap sehat, merawat wajah agar tetap bersih, serta rambut agar tetap sehat dan kuat dengan beberapa bahan alami mudah ditemukan seperti jeruk nipis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!