Apa Saja Manfaat Jintan Putih? Berikut Ini Diantaranya

Apa Saja Manfaat Jintan Putih? Berikut Ini Diantaranya

Jumat, 4 Agustus 2017 - Kesehatan

Sebagian dari anda mungkin masih belum terlalu akrab dengan jintan putih, karena menu masakan biasa jarang sekali yang menggunakan rempah yang satu ini. Namun meskipun tidak terlalu sering digunakan, ternyata manfaat jintan putih tidak boleh diremehkan.

Kandungan gizi yang ada pada jintan putih ini juga bisa dikatakan sangat lengkap, mulai dari energi, karbohidrat, protein, serat, niacin, folat, vitamin A, vitamin E, vitamin K, Kalsium, Thiamin dan masih banyak lagi yang lainnya.

Agar anda bisa menjadi lebih tahu, berikut ini beberapa manfaat jintan putih

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Banyaknya kandungan mineral baik seperti mangan, zat besi, zinc, tembaga, potasium dan beberapa lainnya membuat jintan putih sangat berguna dalam melancarkan peredaran darah pada tubuh anda. tak hanya melancarkan, beberapa mineral yang sudah disebutkan tadi juga berperan cukup penting dalam membentuk sel darah merah.

Siapa yang menyangka bukan, bahwa manfaat jintan putih yang selama ini cukup jarang anda gunakan ternyata sangat berpengaruh pada elemen yang sangat penting pada tubuh anda.

  1. Menurunkan Berat Badan

Sedang dalam masalah berat badan setelah Idul Fitri beberapa bulan yang lalu? Tak lagi perlu merasa kesal sendiri karena sekarang anda bisa mengatasinya dengan memaksimalkan manfaat jintan putih. Serat yang ada pada jintan putih ternyata sangatlah tinggi, sehingga akan sangat membantu anda yang sedang berusaha diet.

Dengan tingginya kandungan serat tersebut, maka pencernaan dan metabolisme pada tubuh anda akan bekerja lebih maksimal daripada sebelumnya.

  1. Dapat Mengobati sakit Perut

Sejak dahulu kala ternyata manusia, masyarakat Indonesia pada umumnya ternyata sudah menggunakan jintan putih ini mengobati sakit perut mereka. Sakit perut yang dimaksudkan ialah seperti perut bergas, kembung, perih, diare dan beberapa lainnya.

Dengan manfaat jintan putih ini, sekali membuktikan bahwa sebenarnya anda bisa mengobati beberapa gangguan pada tubuh anda dengan cara sederhana saja, tidak perlu langsung membeli obat atau mendatangi dokter.

  1. Merilekskan Otot-otot Anda

Setelah beberapa saat cukup sibuk beraktifitas memang biasanya akan membuat otot menjadi kaku dan terasa pegal disana-sini. Biasanya mungkin anda akan langsung memilih untuk tidur saja. Tidak salah memang, namun sebenarnya ada cara lain yang bisa anda coba untuk merilekskan otot anda yakni dengan memaksimalkan manfaat jintan putih.

Hal ini dikarenakan jintan putih juga mengandung potasium dan magnesium, kedua kandungan tersebut secara otomatis akan membuat otot anda yang tegang sebelumnya menjadi kembali rileks dan anda tidak akan lagi meraskan pegal disana-sini.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Beberapa rempah-rempah yang berasal dari Indonesia memang cukup dikenal dapat mencegah datangnya penyakit kanker, tidak terkecuali dengan jintan putih ini. Kandungan fito kimia yang ada pada jintan putih akan bekerja sebagai anti oksidan dan melawan sel kanker yang ada pada tubuh anda.

Siapa yang menyangka bukan bahwa manfaat jintan putih yang bentuknya cukup kecil ini dapat mencegah salah satu penyakit paling berbahaya yang ada di dunia ini.

  1. Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat

Tahukah anda bahwa jintan putih juga memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi hingga 3.3 mg? Hal ini sama saja dengan 22% dari kebutuhan vitamin E anda setiap harinya.

Vitamin E inilah yang membuat manfaat jintan putih selanjutnya sangat baik untuk kesehatan kulit anda. tak hanya membuatnya lebih sehat dan putih, kulit anda juga bisa menjadi lebih bercahaya jika rajin mengkonsumsi jintan putih.

  1. Penyubur Kandungan

Jintan putih seringkali digunakan sebagai pelengkap ramuan obat-obatan tradisional. Salah satunya digunakan sebagai penyubur kandungan. Jika Anda hingga saat ini sedang mencari cara efektif untuk menyuburkan kandungan, konsumsi jintan putih secara rutin.

Dengan tahu banyaknya manfaat jintan putih tadi, tidak ada salahnya bukan jika anda lebih sering membuat makanan yang menggunakan rempah yang satu ini?