MANFAAT PETE UNTUK KESEHATAN

MANFAAT PETE UNTUK KESEHATAN

Selasa, 3 Juli 2018 - Kesehatan

Petai, atau yang biasa disebut pete, adalah sejenis polong-polongan yang merupakan tanaman tahunan tropika. Tumbuhan ini tersebar luas di Indonesia, terutama di nusantara bagian barat. Tidak banyak yang menyukai pete karena baunya yang tidak sedap. Namun kandungan gizi dan manfaat pete ternyata cukup banyak.

Akar, batang, kulit, hingga biji pete mengandung senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bisa untuk terapi/pengobatan hipertensi, diabetes, ginjal, sampai penyakit cacingan. Tanaman inipun memiliki kandungan nutrisi maupun senyawa kimia (pada bijinya) yang bermanfaat. Selain pada bijinya, senyawa kimia juga terdapat pada kulitnya yang tebal.

  • Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Pete
  1. Sukrosa, fruktosa, glukosa: sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh.
  2. Serat: memberikan tenaga pada tubuh.
  3. Cyclic polsulphida, thiozoline 4 carbocyclic: dapat dimanfaatkan untuk pengobatan.
  4. Senyawa terpenoid (sitosterol, stigmasterol, lupeol, campesterol, squalene): dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
  5. Tioproline: melawan kanker.
  6. Flavonoid: sebagai antioksidan bagi tubuh.
  7. Polisulfida: dapat menghambat pertumbuhan bakteri
  8. Polisulfida siklik: sebagai antibakteri.
  9. Tannin: menghambat proses pencernaan protein, dan asam amino.
  10. Zat gizi makro (protein, karbohidrat, lemak): memberikan asupan energi untuk tubuh.
  11. Kandungan mineral (magnesium, dan kalsium): untuk menjaga kesehatan tulang dan tubuh.
  12. Asam amino triptofan: untuk menjaga sistem saraf, dan mengurangi stress.
  13. Tiazolidin carbosiklik acid, dan sulfur: membuang racun yang ada dalam tubuh.
  14. Vitamin C: meningkatkan daya tahan tubuh.
  15. Vitamin A: menjaga kesehatan mata.

 

Berikut ialah Manfaat Pete Untuk Kesehatan yang kami kutip dari Ensiklonesia.com

  1. Mengatasi diabetes/gula darah

Rasa pahit pada biji pete ternyata sangat ampuh untuk mengatasi penyakit diabetes/kencing manis. Sudah banyak orang yang sembuh karena mengkonsumsi pete. Hal ini pun sudah teruji sekian lama.

  1. Mengurangi kolesterol

Zat antioksidan dan beberapa zat lainnya dalam pete dipercaya dapat mengurangi kolesterol secara cepat dan efektif.

  1. Mengobati sakit jantung

Terbuktinya kolesterol dapat dikurangi dengan mengkonsumsi pete, maka bisa dipastikan pete juga dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung pada tubuh.

  1. Meredakan depresi

Kandungan zat tryptophan dapat meredakan depresi pada seseorang, membuat tubuh menjadi lebih rileks, memperbaiki mood dan kondisi emosional seseorang, serta merasa lebih bahagia.

  1. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang terdapat pada pete, dapat mencegah terjadinya anemia pada seseorang. Maka dipastikan tubuh juga akan terhindar dari letih, lelah, lesu, tubuh tidak bertenaga, mudah terserang penyakit, sering pusing dan mual, tidak dapat melakukan aktivitas dengan maksimal. Dengan mengkonsumsi pete, gejala-gejala tersebut dapat dihindari.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat pete untuk darah tinggi yaitu, dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif, menjaga kondisi emosional seseorang yang disebabkan karena tekanan darah yang tinggi, mengurangi resiko terkena penyakit kronis lainnya seperti jantung, dan tidak cepat lelah.

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Kandungan kalium yang tinggi pada pete, bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada seseorang seperti kemampuan untuk mengingat, melakukan rekognisi pola, mempersepsikan melalui indera.

  1. Mencegah obesitas

Manfaat pete untuk diet yaitu dapat mengikat lemak yang berlebih melalui kandungan seratnya, mencegah kegemukan, terhindar dari stress, depresi dan tekanan-tekanan lainnya. Sehingga resiko obesitas pun dapat dicegah sedari awal.

  1. Menjaga kesehatan lambung

Beberapa manfaat pete untuk asam lambung yaitu dapat menetralisir asam lambung, mengurangi luka serta iritasi di lambung, dan mencegah terjadinya infeksi pada lambung.

  1. Mencegah stroke

Salah satu manfaat pete lainnya yaitu dapat mencegah terjadinya resiko stroke jika pete dikonsumsi secara rutin.

  1. Mencegah radikal bebas

dengan mencegah radikal bebas yang dapat masuk ke dalam tubuh, maka kita juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat, dan tubuh akan menjadi lebih sehat.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam pete dapat menghindarkan kita dari beberapa masalah pencernaan seperti, sembelit, diare, susah buang air besar atau kecil, sakit perut, mulas, dan begah.

  1. Mengatasi asam urat

Manfaat pete untuk asam urat di antaranya yaitu dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Magnesiumnya dapat menurunkan pembentukan asam urat. Potassiumnya dapat menetralkan asam urat di dalam urine yang bisa menyebabkan batu ginjal. Kaliumnya dapat mengatur metabolisme pada tubuh. Flavonoid dapat menguatkan kapiler dan juga vena.

  1. Mengatasi penyakit batu ginjal

Manfaat pete untuk batu ginjal diantaranya dapat meningkatkan kinerja dan kesehatan ginjal. Dan senyawanya dapat membunuh bakteri penyebab peradangan di ginjal.

Dibalik rasanya yang terasa tidak mengenakkan bagi sebagian orang, serta baunya yang tidak sedap, ternyata manfaat pete untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak. Kandungan gizi dan nutrisinya pun cukup komplit. Tidak ada salahnya mulai sekarang untuk mencoba buah ini sebagai pilihan makanan. Karena bau pada pete bisa dihilangkan dengan direbus terlebih dahulu, baru kemudian dikonsumsi.