Manfaat Vitamin C

Manfaat Vitamin C

Rabu, 18 Juli 2018 - Kesehatan

Vitamin C merupakan vitamin esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh dan dapat larut dalam air, vitamin yang disebut juga sebagai asam askorbat memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh Anda.  Vitamin C umumnya dapat ditemukan pada buah dan sayuran seperti :

  • Jeruk
  • Strawberry
  • Kiwi
  • Brokoli
  • Kale
  • Bayam

Dosis harian vitamin yang disarankan bagi pria dewasa adalah 90 mg dan 75 mg untuk wanita. Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh Anda. Simak penjelasannya berikut :

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

1. Sebagai Antioksidan

Vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan merupakan molekul yang memperkuat sistem imun dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas jika terakumulasi dalam tubuh dapat menyebabkan beragam penyakit kronis seperti kanker. Dalam penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat meningkatkan level antioksidan hingga 30 persen, hal ini penting dalam memerangi peradangan dalam tubuh Anda.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi disebut juga sebagai Silent Killer karena tidak menunjukan gejala apapun dan dapat membahayakan nyawa Anda.

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung dan stroke. Dalam sebuah penelitian menemukan fakta bahwa vitamin C dapat menurunkan tekanan darah baik bagi mereka yang memiliki masalah hipertensi maupun mereka yang tidak.

Dalam penelitian yang dilakukan pada 29 orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C rata-rata mengalami penurunan tekanan darah Systolic sebesar 3,84 mmHg dan tekanan darah Diastolic sebesar 1,48 mmHg.

Dalam penelitian lain menyebutkan bahwa manfaat vitamin C bagi penderita tekanan daraht inggi adalah membantu menenangkan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Namun, penting untuk dicatat bahwa suplemen vitamin C bukan sebagai pengobatan tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan banyak kematian di Indonesia.

Banyak faktor yang menyebabkan serangan jantung, seperti Tekanan Darah Tinggi, tingkat Kolesterol  dalam darah tinggi, atau kurangnya aktivitas fisik.

Sebuah Analisis hasil dari sembilan penelitian yang melibatkan 293.172 partisipan yang dilakukan selama sepuluh tahun menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen Vitamin C 700 mg setiap hari memiliki risiko penyakit jantung 25 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen vitamin.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa vitamin C dapat mengurangi kadar kolesterol dan kadar trigliserida dalam darah yang merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit arthritis yang menyerang persendian yang ditandai dengan timbulnya rasa nyeri dan peradangan pada persendian. Asam urat disebabkan oleh tingginya kandungan cairan asam urat pada darah dan bila tidak dicerna oleh tubuh maka akan menumpuk pada persendian.

Penumpukan cairan asam urat pada persendian inilah yang kemudian akan mengkristal dan menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang luar biasa.

Bagi mereka yang memiliki masalah asam urat, mengonsumsi vitamin C dapat menurunkan risiko penyakit asam urat berdasarkan pada penelitian yang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen vitamin C selama 30 hari mengalami penurunan kadar asam urat secara signifikan.

5. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Zat besi merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh karena berperan untuk pembentukan sel darah merah dan membantu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Vitamin C sangat baik dalam menjaga kebutuhan zat besi oleh tubuh Anda, karena membantu penyerapan zat besi yang berasal dari makanan. Vitamin C membantu mengubah zat besi yang sulit diserap oleh tubuh menjadi mudah untuk diserap.

Hal ini sangat penting terutama bagi mereka yang vegetarian dan tidak mengonsumsi daging untuk memenuhi kebutuhan zat besi mereka.

Faktanya, memenuhi kebutuhan vitamin C 100 mg setiap harinya dapat meningkatkan penyerapan zat besi hingga 67 persen, hal ini sangat baik dalam menghindarkan Anda dari risiko Anemia.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu fungsi utama vitamin C adalah meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri.

Vitamin meningkatkan produksi sel darah putih yang disebut lymphocytes dan phagocytes yang membantu tubuh dalam memerangi infeksi.

Vitamin C juga menjadikan fungsi sel darah putih lebih efektif dalam menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, vitamin C sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit dengan fungsi antioksidan dan memperkuat pertahanan kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan radikal bebas.

7. Mencegah Risiko Pikun

Pikun atau dalam istilah medis gejala menurunnya kemampuan berpikir dan memory dalam mengingat.

Pikun atau demensia menyerang setidaknya 35 juta orang di seluruh dunia saat ini. Penyebab pikun dikatakan karena adanya peradangan di area sekitar saraf otak.

Dalam penelitian menyebutkan, mereka yang mengalami kepikunan umumnya tidak memenuhi kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sifat antioksidan dalam vitamin C berperan dalam mencegah terjadinya peradangan pada tubuh Anda dan menurunkan risiko pikun. Selain itu, vitamin C juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf tubuh Anda.

8. Vitamin Kesuburan Pria

Sifat antioksidan vitamin C juga berperan dalam meningkatkan kesuburan pria, karena berperan dalam melindungi sperma dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan meningkatkan pergerakan sperma di dalam rahim.

Mengonsumsi 1000 mg vitamin C setiap hari saat program hamil dapat meningkatkan produksi dan kualitas sperma hingga 200 persen.

Dalam sebuah study yang dikutip dari Trimester123.com mengungkapkan kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan kemandulan dan menurunnya kualitas sperma pria.

Oleh karena itu, konsumsi makanan atau suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

9. Untuk Kesehatan Kulit

Selain berfungsi sebagai antioksidan, peran lainnya adalah membantu tubuh memproduksi kolagen, yakni protein yang diperlukan dalam mencegah penuaan dini, mempercepat penyembuah luka dan mencerahkan kulit Anda.

Demikian pembahasan kegunaan Vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan tubuh Anda, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.