Nasi Tumpeng Ulang tahun

Nasi Tumpeng Ulang tahun

Senin, 9 Juli 2018 - Uncategorized

Ulang Tahun adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh sebagian besar orang, karena ketika hari ulang tahun akan banyak kejutan yang anda dapatkan. Terlebih lagi jika anda berada di kota – kota besar, tentu merayakan ulang tahun adalah suatu momen yang besar. Merayakan ulang tahun tidak selalu dengan kue yang mewah bisa juga menggunakan nasi gurih kuning.

Nasi tumpeng ulang tahun saat ini sudah biasa digunakan oleh sebagian besar orang, karena nasi ini bisa menggambarkan rasa syukur dan lebih terasa khidmat dan lebih bermasyarakat. Nasi tumpeng Jakarta saat ini sedang populer untuk merayakan ulang tahun, ada beberapa macam model nasi tumpeng yang bisa anda jadikan referensi berikut penjelasannya.

Jenis Nasi Tumpeng Untuk Ulang Tahun

  1. Nasi Tumpeng Jumbo

Nasi tumpeng ulang tahun yang pertama adalah nasi tumpeng dengan ukuran jumbo. Ukuran nasi tumpeng jumbo ini berbagai macam mulai dari ukuran untuk 20 porsi orang sampai dengan untuk 50 porsi orang. Harga nasi tumpeng jumbo juga cukup mahal mulai dari Rp. 750.000 – Rp.1.350.000,-.

Isi dari nasi jualan ini adalah nasi kuning sebagai bahan utama kemudian dihias dengan empal daging, tahu dan tempe bacem, kacang teri, mi goreng, telur dadar, urap dan serundeng. Nasi kuning dibentuk kerucut besar kemudian lauk dan sayur mayurnya di tata rapi melingkar di bagian bawah. Selain itu ditambahkan hiasan irisan tomat atau cabe merah supaya lebih indah.

  1. Nasi Tumpeng Hemat

Model nasi selanjutnya adalah nasi tumpeng hemat, jadi jika anda ingin merayakan pesta ulang tahun menggunakan nasi tumpeng tetapi biaya anda terbatas anda bisa menggunakan nasi tumpeng hemat. Nasi tumpeng hemat ini juga tersedia di kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan kota besar lainnya.

Tumpeng hemat biasanya ukurannya tidak terlalu besar, kurang lebih cukup untuk 20 – 40 porsi. Nasi kuningnya khas dibungkus dengan daun pisang berbentuk kerucut dan ditata terbalik. Selanjutnya di bagian bawahnya disediakan wadah – wadah kecil dari daun pisang juga yang tertata rapi berisi lauk dan sayuran. Diantaranya adalah ayam goreng, sambel goreng ati, orrek tempe, kacang teri, mi goreng, telur dadardan serundeng.

  1. Nasi Tumpeng Mini

Secara umum nasi tumpeng ulang tahun adalah sebuah sajian untuk acara – acara adat dan bentuknya besar, satu tumpeng biasanya cukup untuk 20 – 50 orang. Di Jakarta saat ini sudah tersedia tumpeng mini, tumpeng ini ukurang kecil satu tumpeng kecil khusus untuk 1 orang dan dikemas dalam kemasan yang lucu dan rapi.

Ukuran tumpengnya ada dua yaitu ukuran 15 centi meter dan 10 centi meter, tumpeng mini ini berisi nasi kuning gurih, empal kuah semur, kentang semur, tahu semur, orek tempe dan telur kecap. Tumpeng model ini sangat tepat untuk anda yang tidak mau repot membagi nasi tumpeng ketika pesta ulang tahun.