Penyebab dan Gejala Asam Urat

Penyebab dan Gejala Asam Urat

Jumat, 6 April 2018 - Kesehatan

Dalam istilah medis, pengertian asam urat atau encok adalah kondisi yang dapat mengakibatkan munculnya rasa nyeri, pembengkakan dan sensasi rasa panas di persendian Anda. Semua persendian manusia dapat terserang asam urat, namun yang paling sering adalah bagian sendi jari, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki.

Asam urat berbeda dengan penyakit rematik. Rematik adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian dan otot karena terjadinya peradangan. Asam urat merupakan salah satu penyebab nyeri sendi namun bukan rematik.

Penyebab Asam Urat

Rasa nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat diakibatkan oleh tumpukan zat asam urat yang mengkristal dan menusuk persendian. Penumpukan zat asam urat pada persendian ini terjadi karena beberapa faktor berikut:

1. Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat serta banyak mengonsumsi makanan tinggi protein merupakan salah satu penyebab asam urat. Mengutip https://makananpantangan.com makanan pantangan asam urat adalah sarden, daging sapi, daging kambing, jeroan, seafood, serta makanan dan minuman kalengan.

2. Obesitas

mereka yang memiliki berat badan diatas ideal berisiko lebih tinggi terserang asam urat. Sebagai informasi, bagi Anda yang menderita asam urat dan sedang hamil sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis terkait obat-obat yang Anda konsumsi.

3. Komplikasi Penyakit

bagi Anda yang memiliki penyakit ginjal, kolesterol tinggi dan diabetes juga salah satu faktor penyebab asam urat.

4. Faktor Keturunan

dalam satu penelitian menyebutkan seseorang yang memiliki anggota keluarga dengan asam urat dapat terkena kondisi yang sama, dengan kata lain, penyakit asam urat merupakan penyakit genetik.

Gejala Asam Urat

Gejala asam urat biasanya dapat dirasakan dengan timbulnya gajala rasa sakit yang berlangsung hingga 10 hari. Pembengkakan daerah sekitar sendi yang diikuti perubahan warna kulit menjadi kemerahan. Jika mengalami ini, penderita akan mengalami kesulitan untuk bergerak secara bebas. Untuk lebih detail simak penjelasan berikut ini:

1. Nyeri pada Jempol Kaki

Gejala asam urat pada kaki adalah munculnya rasa nyeri pada jempol kaki dan umumnya terjadi pada malam hari. Hal ini tentu saja dapat menganggu karena mengganggu waktu tidur dan penderita menjadi lebih emosional.

2. Sensasi Terbakar pada Kaki

Saat Anda mengalami asam urat maka Anda akan merasakan sensasi rasa panas di kaki yang disebabkan oleh zat asam urat dalam darah.

3. Nyeri di Persendian

Tanda awal gejala asam urat adalah munculnya nyeri pada persendian Anda. Biasanya Anda akan mengeluhkan rasa nyeri dan rasa panas yang tiba-tiba menyerang.

4. Persendian kaku

Jika zat asam urat telah mengkristal makan bagian persendian akan menjadi kaku dan rasa nyeri yang menyengat, lebih jauh akan menyebabkan sendi mati rasa dan dapat menyebabkan kelumpuhan.

5. Bengkak pada Persendian

Persendian akan bengkak karena adanya penumpukan zat asam urat yang tidak bisa dicerna. Asam urat ini dibawah oleh darah ke area persendian dan menyebabkan pembengkakan saat serangan asam urat.

6. Sendi Berwarna Kemerahan

Selain pembengkakan, sendi juga akan mengalami perubahan warna menjadi kemerahan. Bila Anda mengalami persendian yang kaku, bengkak dan berwarna kemerahan itu berarti penyakit asam urat Anda sudah pada level yang parah.

7. Persendian Kaku

Akibat penumpukan asam urat pada persendian akan mengakibatkan persendian menjadi kaku dan menghambat gerak tubuh Anda. Hal ini merupakan salah satu tanda gejala asam urat dan umumnya menyerang persendian kaki dan tangan Anda.