Penyebab Kanker Serviks

Penyebab Kanker Serviks

Sabtu, 25 Agustus 2018 - Kesehatan

Kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya dan menyerang wanita. Kanker serviks sendiri dapat terjadi ketika sel-sel mengalami mutasi genetik, sehingga mengalami perubahan DNA.

Gambar Kanker Serviks

Gambar Kanker Serviks

Terjadinya mutasi genetik tersebut kemudian menyebabkan sel normal berubah menjadi sel yang abnormal.

Jika pada keadaan normal sel akan berkembang biak dengan kecepatan tertentu, maka pada sel yang mengalami kanker akan berkembang biak dan tumbuh dengan kecepatan dan jumlah yang tak terkendali.

Jika sel abnormal tumbuh secara terus-menerus, maka akan membentuk sebuah tumor. Sel kanker tersebut kemudian dapat menyerang jaringan-jaringan yang berada di sekitarnya.

Selain menyerang jaringan pada lokasi awal sel kanker tersebut tumbuh, sel ini selanjutnya juga dapat menyerang bagian tubuh yang lainnya. Proses yang demikian disebut dengan metaststis. Lalu, sebenarnya apa saja penyebab kanker serviks?

Aneka Penyebab Kanker Serviks

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seorang wanita mengalami kanker serviks. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa sebagian besar wanita yang menderita kanker serviks disebabkan oleh serangan HPV.

Nah, HPV sendiri merupakan jenis virus di mana virus ini terdiri dari 100 jenis lebih. Pada umumnya, virus HPV ini dapat menyebar melalui hubungan seksual, yaitu terjadinya kontak antara kulit kelamin wanita dan pria, membran mukosa, serta adanya pertukaran cairan tubuh.Selain itu, penyakit ini juga dapat terjadi melalui seks oral.

Selain disebabkan oleh virus, penyebab kanker serviks juga dapat terjadi karena beberapa faktor. Nah, salah satunya adalah melakukan aktivitas seks pada usia yang terlalu dini.

Ya, seorang wanita yang melakukan hubungan seks pada umur yang terlalu dini memang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker serviks. Mereka akan lebih rentah terinfeksi oleh virus HPV, sehingga sangat rentan mengalami kanker serviks.

Selain itu, berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual juga sangat rentan mengalami kanker serviks. Saat seorang wanita melakukan hubungan seksual dengan banyak laki-laki, maka mereka akan sangat rentan diserang oleh virus HPV.

Oleh sebab itu, seorang wanita pada dasarnya hanya boleh melakukan hubungan seksual dengan satu laki-laki saja yang telah menjadi suaminya.

Baik bagi laki-laki maupun perempuan, merokok merupakan hal yang tidka baik untuk kesehatan.Selain dapat merusak paru-paru dan organ penting lainnya, merokok ternyata juga bisa menyebabkan wanita mengalami kanker serviks. Bahkan, beberapa studi juga menyatakan bahwa wanita yang merokok akan berisiko dua kali kipat mengalami penyakit kanker serviks.

Hal ini disebabkan karena adanya bahn-bahan kimia berbahaya yang terdapat pada rokok dan dapat menyerang rahim wanita.

Agar wanita bisa tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang snagat berbahaya tersebut, maka sebaiknya setiap wanita bisa menjaga diri dan menghindari berbagai faktor yang menjadi penyebab kanker serviks.

Selain itu, wanita juga harus megetahui berbagai gejala kanker serviks dan melakukan vaksin kanker serviks sehingga bisa mendeteksi penyakit ini sejak dini.