Memilih Pompa Air Daya Hisap 15 Meter Atau Sesuai Kebutuhan

Pemilihan pompa air di dalam suatu rumah pasti akan mempertimbangkan banyak hal, misalnya saja anda ingin memiliki pompa air daya hisap 15 meter. Daya hisap tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan anda, dan berapa banyak air yang tersedia di sekitar lingkungan rumah anda. Karena memang tidak semua orang memiliki layanan air seperti PDAM.

Sehingga sebagian besar orang harus membuat sumur sendiri dan mendapat sumber air dari dalam tanah. Pemakaian pompa air pun menjadi kebutuhan yang mendesak bagi sebagian orang untuk kebutuhan rumah tangganya. Ada banyak jenis dan tipe pompa air yang bisa anda gunakan di rumah, tetapi memilih jenis pompa air yang tepat tentu tidak mudah.

Memilih Pompa Air yang Sesuai Dengan Kebutuhan

  1. Mengukur kedalaman air di dalam tanah

Kedalaman air setiap daerah tentu berbeda-beda, sehingga sebelum anda memasang pompa air sebaiknya cek dan ukur kedalalaman air tersebut terlebih dahulu. Ukur kedalaman air tersebut bagian sumur yang terdalam, untuk menaruk pompa air dengan aman. Jika anda kesulitan lebih baik bertanya pada tukang pompa yang bersangkutan.

  1. Memilih jenis pompa air yang tepat

Ada banyak jenis pompa air yang bisa anda pilih kemudian disesuaikan dengan kebutuhan anda, dan kedalaman air. Misalnya untuk kedalaman air yang mencapai kurang dari 7 m, maka sebaiknya anda menggunakan pompa air untuk sumur dangkal. Sedangkan untuk kedalaman air di atas 7-9 m anda bisa menggunakan pompa air semi jet pump.

  1. Memilih spesifikasi mesin pompa air

Dalam memilih mesin pompa air yang tepat, tentunya anda harus mengetahui masing-masing spesifikasi mesin tersebut terlebih dahulu. Anda dapat membandingkan kedalaman pompa dengan daya hisap dari pompa itu sendiri. Misalnya anda ingin pompa air daya hisap 15 meter, maka harus sesuai dengan kedalaman air di dalam tanah.

  1. Memilih suara pompa yang tidak kasar

Suara pompa air juga harus anda perhatikan, jika suara pompa air yang anda pilih terdengar kasar maka sebaiknya ganti dengan yang lebih halus. Suara yang kasar tersebut bisa muncul dari laker mesin pompa yang kering dan tidak ada pelumas. Atau dari pemasangan leker yang kurang tepat misalnya agak miring.

  1. Bagaimana volume air pada pompa air tersebut

Cari tahu bagaimana volume air yang dihasilkan oleh pompa air tersebut, karena jika anda sudah menemukan pompa air yang sesuai namun ternyata tidak menghasilkan volume air yang mencukupi percuma saja. Untuk mengetahui volume air anda bisa memeriksanya di buku petunjuk mesin tersebut.

Jika anda sudah melakukan beberapa cara dalam memilih pompa air, barulah anda bisa memasang pompa air tersebut. misalnya anda akan memasang pompa air daya hisap 15 meter dari Grundfos Indonesia di rumah, pastikan semua cara memilih pompa air tersebut sudah dilakukan dengan baik.