Inspirasi Rumah Kabin Kayu untuk Hunian Bertema Alam

Inspirasi Rumah Kabin Kayu untuk Hunian Bertema Alam

Selasa, 2 Oktober 2018 - Uncategorized

Keberadaan rumah kabin kayu sudah sangat jarang ditemukan di zaman modern ini. Kehadiran semen, batu-bata dan berbagai material lainnya perlahan menggeser bahan kayu sehingga tidak banyak lagi digunakan. Padahal, rumah kayu menawarkan keunikan tersendiri.

Rumah yang terbuat dari kayu bernilai artistic tinggi serta menimbulkan kesan menyatu dengan alam.

Karena nilai yang cukup tinggi, tidak heran harga rumah kabin dari kayu perlahan merangkak naik. Mulai bermunculan para peminat rumah kayu yang ingin menjadikan rumah tersebut sebagai hunian yang ideal. Dengan sedikit modifikasi, rumah kabin atau yang diluar dikenal dengan istilah quonset hut home, bisa disulap menjadi tempat tinggal berkelas tinggi dengan nilai yang fantastis.

Tipe Rumah Kayu

Ada berbagai tipe rumah kabin yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi untuk hunian yang nyaman namun tetap mempunyai nilai artistik.

Dengan menggunakan konsep minimalis, inilah beberapa design ideas rumah kayu untuk Anda miliki:

1. Sederhana modern

Tipe rumah yang satu ini mengusung tema sederhana namun tetap modern. Kayu yang disusun secara vertikal menimbulkan kesan tinggi pada hunian Anda. Dikombinasikan dengan pintu kaca geser, rumah kayu tersebut semakin terlihat modern dan minimalis. Adapun untuk interior rumah kabin, Anda bisa mengadopsi konsep sederhana dengan tidak meletakkan terlalu banyak perabot di dalam rumah.

2. Potongan pohon

Terinspirasi dari rumah klasik dari Amerika, Anda bisa membuat rumah kayu menggunakan potongan pohon yang dibelah menjadi dua. Tanpa perlu melalui proses penghalusan, rumah ini justru menyerupai kabin militer sehingga cocok untuk Anda yang ingin menampilkan karakter tegas namun tetap sederhana pada eksterior rumah.

3. Klasik

Anda juga bisa membuat rumah kayu dengan tipe klasik untuk membawa Anda ke masa lalu. Potongan kayu yang disusun secara horizontal dan dikombinasikan dengan beranda kayu seakan mengingatkan pada masa kecil Anda. Agar membuatnya tetap fungsional, Anda bisa memberikan beberapa tambahan seperti garasi rumah kabin di samping rumah utama.

Kelebihan Kekurangan Rumah Kabin Kayu

Anda berminat untuk membuat rumah kayu? Selain membutuhkan perencanaan rumah kabin yang matang, Anda juga perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

1. Kelebihan

Ada berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh rumah kabin berbahan kayu. Selain ramah lingkungan, berikut keunggulan rumah kayu dibandingkan dengan jenis rumah lainnya:

  • Rumah kayu mempunyai nilai seni yang tinggi. Kayu mempunyai tekstur serat yang beragam sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai hiasan untuk eksterior rumah. Hanya dengan beberapa tambahan seperti polesan atau pelitur, rumah kayu dijamin nampak lebih indah.
  • Lebih sejuk. Tinggal di lingkungan perkotaan membuat Anda jenuh dengan segala keramaian dan kemacetan. Mengasingkan diri sejenak di area pedesaan dan tinggal di rumah kayu akan memberikan penyegaran untuk Anda.
  • Harga jual tinggi. Rumah kayu bisa menjadi pilihan tepat untuk investasi. Keberadaannya yang semakin langka membuat rumah ini bernilai tinggi. Mungkin Anda banyak menemui dijual rumah kabin dengan harga yang cukup fantastis, apalagi jika rumah tersebut dirawat dengan baik.

2. Kekurangan

Adapun rumah kabin juga mempunyai beberapa kekurangan. Berikut kekurangan yang dimiliki oleh rumah kayu sebagai bahan pertimbangan:

  • Resiko terbakar. Karena menggunakan kayu sebagai bahan utama, jenis rumah ini mempunyai resiko tinggi untuk terbakar. Demi meminimalisir resiko kebakaran, Anda bisa membuat dapur terpisah maupun memilih kayu yang tahan api.
  • Proses pembuatan sulit. Pembuatan rumah kayu tidaklah mudah. Tidak semua tukang bisa mengerjakan pembuatan rumah kabin dari kayu. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih pekerja agar hasil yang didapat bisa maksimal.