Tips Menghindari Infeksi Luka

Tips Menghindari Infeksi Luka

Minggu, 11 Maret 2018 - Kesehatan

Jika luka tidak segera ditangani, dikhawatirkan akan terkena infeksi. Penanganan yang cepat namun dengan cara yang kurang tepat juga tetap membuat kemungkinan terinfeksinya luka tetap ada. Jika bakteri masuk pada bagian yang luka, tubuh akan terangsang memproduksi antibodi sebagai pertahanan diri untuk menyerang bakteri. Hal ini dilakukan agar proses infeksi bisa dihindari.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menghindari terjadinya infeksi luka, diantaranya :

Tips menghindari infeksi luka

1. Menjaga kebersihan
Jagalah kebersihan badan disertai dengan memerhatikan bagian tubuh yang terluka. Hindarkan dari kontak air secara langsung. Karena kulit yang diperban dan lembab akan mendorong pertumbuhan kuman.

2. Konsumsi protein
Mengkonsumsilah jenis makanan yang memiliki kandungan Protein seperti telur, susu, madu, kacang-kacangan, roti, dan ikan laut. Dampingi dengan perbanyak asupan sayuran dan buah-buahan.

3. Rutin mengganti perban
perban atau pembalut yang digunakan untuk menutup luka harus diganti secara rutin. Untuk luka dengan pendarahan hebat dan cukup lebar maka akan lebih sering melakukan penggantian penutup luka. Hindari mengganti perban dalam jangka waktu lama hanya karena berhemat. Kesembuhan lebih mahal harganya.

4. Konsumsi obat sesuai resep
Minumlah obat sesuai aturan dan anjuran yang diberikan. Hal ini untuk menghindarkan dari infeksi yang mungkin terjadi.

5. Awasi suhu tubuh dan kondisi luka
Perhatikan jika terjadi kenaikan suhu tubuh menjadi panas, luka menjadi bengkak dan bertambah sakit. Untuk diketahui, saat infeksi muncul ditandai dengan beberapa gejala aiantaranya rasa sakit pada daerah luka yang terinfeksi (dolor), rasa panas pada daerah yang infeksi (kalor), kemerahan pada kulit yang luka terinfeksi (ruber), gangguan fungsi gerak pada daerah yang terinfeksi dan bengkak pada area luka.

6. Gunakan Daun Binahong
Daun binahong dipercaya juga memiliki manfaat sebagai antiseptik yang mempu mencegah bakteri hinggap ke luka badan. Untuk kondisi darurat, daun binahong bisa dijadikan pilihan.
Saat gejala muncul, sebaiknya segera mendapatkan penanganan dengan lebih tepat dan aman dengan metode pengobatan alami untuk mendapatkan kesembuhan yang lebih baik.