Vitamin A Untuk Anak

Vitamin A Untuk Anak

Jumat, 8 Juni 2018 - Uncategorized

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak seperti misalnya lemak yang terdapat pada daging, hati, produk olahan telur atau susu, buah-buahan, sayuran hijau dan minyak sawit merah. Maka dari itu vitamin A sangat dibutuhkan oleh anak-anak, agar meningkatkan sistem kerja imun, produksi sel darah merah, dan baik untuk penglihatan.

Sebaliknya jika seorang anak kekurangan vitamin A maka dapat menyebabkan gizi yang tidak seimbang di dalam tubuh, gangguan hati, ruam kulit dan gangguan pada penglihatan. Serta menyebabkan defisiensi vitamin A yang cukup berbahaya. Defisiensi vitamin A ini bisa juga disebabkan oleh gizi buruk pada anak-anak.

Oleh sebab itu anak-anak harus diberi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti sayuran, wortel, brokoli dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi baik maka anak-anak tidak akan kekurangan vitamin A. Bahkan penyebab kurangnya vitamin A bukan hanya akan berpengaruh pada penglihatan, tetapi juga akan mengganggu sistem pencernaan.

Penyebab Lain Dari Kekurangan Vitamin A

Ada banyak hal yang menyebabkan anak-anak kekurangan vitamin A dalam tubuhnya, sehingga menyebabkan beberapa penyakit yang berbahaya. Penyebab lainnya dari kekurangan vitamin A tersebut diantaranya yaitu :

  1. Penurunan bioavailabilitas karotenoid pada provitamin A.

  2. Terdapat masalah pada sistem pencernaan, penyimpanan, dan juga pengangkutan vitamin A di dalam tubuh.

Masalah yang terdapat pada sistem pencernaan tersebut biasanya meliputi beberapa penyakit seperti berikut :

  1. Celiac disease

  2. Cystic fibrosis

  3. Gangguan pada pankreas

  4. Obstruksi yang terjadi pada usus 12 jari

  5. Obstruksi yang terjadi pada saluran empedu

  6. Diare kronis

  7. Giardiasis

  8. Sirosis

Semua penyakit tersebut disebabkan oleh pola makan yang buruk, karena sistem penyimpanan dan pengangkutan vitamin A yang terjadi di dalam tubuh tidak bekerja dengan baik. Jika anak anda terkena penyakit campak kronis, maka anda bisa membantunya dengan memberikan banyak vitamin A. Hal itu dilakukan untuk mempercepat pemulihan dan mengurangi tingkat keparahan penyakit.

Anda juga bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan anak, jika anak anda kekurangan sudah vitamin A. Ada banyak jenis dan macam vitamin untuk menambah nafsu makan tersebut, yang sudah terdapat di apotik-apotik. Atau anda juga bisa memberikan buah-buahan yang berwarna warni dan sayuran hijau yang mengandung vitamin A.

Contoh makanan sehat yang mengandung vitamin A untuk anak diantaranya sebagai berikut :

  1. Wortel

  2. Ubi rebus

  3. Bayam rebus

  4. Blewah

  5. Sup sayur

  6. Melon

  7. Aprikot

  8. Paprika merah

  9. Mangga

  10. Sereal oatmeal

  11. Brokoli rebus

  12. Kacang polong rebus

  13. Tomat

  14. Susu yang kaya vitamin dan mineral

Kadar vitamin A yang terdapat pada makanan tersebut akan bervariasi, tergantung pada ukuran buah dan sayuran yang dikonsumsi.